Mohon tunggu...
Muda

Inilah Alasan Mengapa Pendidikan di Indonesia Masih Tertinggal

16 Oktober 2016   18:06 Diperbarui: 16 Oktober 2016   18:11 3934 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Alasan Mengapa Pendidikan di Indonesia Masih Tertinggal
http://www.habibullahurl.com/

Setiap anak di Indonesia seharusnya mendapatkan pendidikan wajib belajar selama minmal 9 tahun atau jenjang SMP bahkan 12 tahun yaitu SMA, namun mengapa pendidikan Indonesia masih tertinggal dari negara lain? Inidia beberapa alasannya:

1. Pendidikan belum merata

Masalah ini merupakan masalah yang sudah sejak lama ada, kurangnya perhatian pemerintah terhadap pendidikan di daerah pelosok adalah alasannya. Bagi anak-anak yang berada diperkotaan mungkin sudah sebagian besar bisa menjangkau pendidikan, namun bagi mereka yang ada di pelosok? Perlu berjalan sejauh belasan kilometer untuk sekedar belajar.

2. Kualitas guru yang biasa

Di negara-negara maju profesi guru adalah profesi unggulan, namun di Indonesia hanya sedikit yang berniat menjadi guru. Hanya sebagian orang-orang pintar yang ingin menjadi guru, karena rendahnya gaji serta tunjangan jika menjadi guru. Di negara maju profesi guru menjanjikan kesejahteraan yang tinggi dan dihargai, sehingga wajar saja berisi orang-orang unggulan.

3. Kesadaran akan pendidikan yang rendah

Edukasi yang kurang terhadap orang tua terutama di daerah pelosok akan pentingnya pendidikan, banyak orang tua di pelosok yang berpikir pendidikan tidak begitu penting sehingga banyak anak pada usia sekolah berhenti sekolah untuk mencari nafkah.

4. Infrastruktur dan fasilitas yang tidak memadai

Fasilitas di sekolah-sekolah besar mungkin sudah memadai untuk mendukung pendidikan, namun di sekolah yang kecil dan terpencil, infrastruktur masih sangat minim. Bahkan ada sekolah yang atapnya bocor serta temboknya hanya dari kayu saja.

5. Anggaran untuk pendidikan yang menguap

Anggaran untuk pendidikan termasuk besar yaitu 20 persen APBN, namun masih tidak begitu terasa manfaatnya. Mungkin saja dana tersebut di korupsi oleh beberapa pihak. Lagi-lagi karena lemahnya hukum di Indonesia membuat aliran dana menguap begitu saja tanpa diketahui kemana uang tersebut menguap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x