Mohon tunggu...
Kelompok KKN 360
Kelompok KKN 360 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Jember

Kelompok KKN 360 Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kelompok KKN UNEJ 360: Pengenalan Lingkungan Desa Ambulu

29 Juli 2022   10:07 Diperbarui: 29 Juli 2022   10:13 91 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MENGENAL LEBIH JAUH DESA AMBULU?

            Desa Ambulu merupakan salah satu desa yang menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan KKN TEMATIK UNEJ Periode II Tahun 2022. Wilayah Desa Ambulu dipimpin oleh seorang kepala desa bernama Ahmad Hainur. Luas wilayah Desa Ambulu seluas 2,37 km2, dengan 6 Dusun. Enam Dusun tersebut, yaitu: Dusun Nangger, Dusun Laoksabe, Dusun Lokacar, Dusun Laokpe, Dusun Timur Sungai, dan Dusun Acem. Dari keenam dusun tersebut dibagi menjadi 13 RT dan 3 RW. Adapun jumlah penduduk Desa Ambulu diperkirakan sekitar 2405 jiwa dengan rincian 1198 penduduk laki-laki dan 1207 penduduk perempuan yang hampir keseluruhan merupakan keturunan Madura. Hal ini terlihat dari keseharian masyarakat menggunakan bahasa Madura dalam berkomunikasi.

dokpri
dokpri

            Dari segi mata pencaharian, masyarakat Desa Ambulu mayoritas bekerja sebagai petani dan peternak. Hal ini dikarenakan, kondisi dan potensi alam terbesar di Desa Ambulu yakni lahan pertanian. Lahan pertanian tersebut sebagian besar ditanami oleh hasil alam seperti sengon, padi, dan sisanya ditanami oleh tanaman perkebunan. Terlepas dari kekayaan alamnya sendiri pertanian bukan hanya menjadi satu-satunya sumber penghasilan masyarakat Desa Ambulu, disini masyarakat juga menambah penghasilan dengan membuat kerajinan, dimana salah satunya besek dan juga mengolah tembakau pada musim panen yang mana ini menjadi salah satu komoditi utama dari Desa Ambulu.

dokpri
dokpri

Selain kondisi dan potensi alam yang dimiliki oleh Desa Ambulu, terdapat pula potensi di bidang wisata alam yang belum tergali secara optimal. Objek wisata tersebut yaitu pohon Nangger. Hal ini dikarenakan, pohon tersebut memiliki sejarah panjang dan dianggap kramat oleh sebagian masyarakat sebab pada waktu tertentu pohon tersebut didatangi oleh peziarah dengan berbagai macam maksud dan tujuan. Pohon Nangger sendiri menjadi salah satu simbol dari salah satu Dusun di Desa Ambulu, yakni Dusun Nangger.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan