Mohon tunggu...
Kelompok 98
Kelompok 98 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UPN "VETERAN" JAWA TIMUR Kelompok 98 Desa Kebondalem

"Meningkatkan Potensi Desa Kebondalem melalui Pengembangan UMKM dan Ekonomi Kreatif" Skema Desa Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meriah! Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKNT-MBKM UPN Veteran Jawa Timur di Bale Tani

7 Juli 2022   20:12 Diperbarui: 7 Juli 2022   20:20 61 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama panitia acara dengan bapak Camat, Ketua PKK, dan Ketua LPPM UPN Veteran Jatim. Dokpri  

Mahasiswa kelompok 96 sampai dengan 100 KKNT-MBKM UPNVJT bekerja sama dengan pemerintah Kecamatan Bareng dan Wisata Bale Tani mengadakan Expo UMKM dengan tema "Berdebar" atau Berjualan dengan Bareng di Bale Tani, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang pada hari Minggu, 26/6/2022. 

Tujuan diadakannya Expo UMKM "Berdebar" adalah untuk mengenalkan produk produk yang berasal dari kecamatan Bareng kepada masyarakat luas. Expo ini adalah kegiatan lanjutan dari Seminar yang telah dilakukan pada Sabtu. 11/06/2022 lalu.

Pemotongan Peta pembukaan acara
Pemotongan Peta pembukaan acara "Berdebar" oleh Bapak Camat kecamatan Bareng, Ibu PKK, dan Ketua LPPM UPN Veteran Jatim | Dokpri
Expo UMKM ini dihadiri oleh Ibu Yenni Wuryandari selaku Ketua LPPM, Ibu Wiwin Sumrambah selaku Ketua TP PKK Jombang, Bapak Usman selaku Camat Bareng, Ibu Camat Bareng, Bapak Memet selaku Pemilik Bale tani, seluruh Kepala Desa di Kecamatan Bareng, Wakil Duta UMKM Kab Jombang, dan beberapa pengunjung wisata yang ada di Bale Tani. 

Pembukaan acara dimulai dengan potong pita yang dilakukan oleh Ibu Yenni Wuryandari, Ibu Wiwin Sumrambah, Bapak Usman, dan Ibu Camat Bareng. Setelah resmi dibuka, para tamu yang hadir digiring oleh MC untuk mendatangi setiap stan dari masing-masing desa di Kecamatan Bareng.  

foto Panitia
foto Panitia "Berdebar" bersama Ibu PKK, DPL, dan PIC di lokasi Acara | Dokpri
Sesuai dengan temanya yaitu "Berdebar" acara expo UMKM berlangsung begitu meriah dan ramai akan pengunjung. Tidak tanggung-tanggung, cara ini menjajakan produk-produk UMKM dari 13 desa yang ada di Kecamatan Bareng. Salah satunya yaitu berasal dari Desa Kebondalem dimana UMKM yang dibina olek kelompok KKNT 98. 

Kelompok KKNT 98 menjajakan berbagai produk berasal dari Desa Kebondalem seperti kerupuk open, kerupuk pentil, kerupuk mentah, kue basah, bahkan sampai bros dan tas kerajinan tangan. Harapannya dengan diadakannya expo ini,  UMKM yang ada di kecamatan Bareng semakin terkenal dan dapat berkembang luas. 

Mahasiswa KKNT-MBKM yang berada di Kecamatan Bareng juga berharap agar kegiatan ini dapat dilanjutkan oleh pemerintah Kecamatan Bareng atau Wisata Bale Tani.

Penjajalan Produk UMKM Desa Kebondalem di Acara
Penjajalan Produk UMKM Desa Kebondalem di Acara "Berdebar" | Dokpri
Penulis : Kartina MuliasariEditor : Zahra Almira N.A &
PIC : Eka Restu Justitian.S.Kom
DPL : Kusuma Wardhani Masudah.S.Si.,M.Si

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan