Mohon tunggu...
Kelompok 3 KKNTLK
Kelompok 3 KKNTLK Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

KKN Lingkar Kampus Utama Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Tematik Lingkar Kampus Undip Berikan Sosialisasi Mengenai Pentingnya Digital Marketing kepada UMKM

1 Desember 2022   09:15 Diperbarui: 2 Desember 2022   10:40 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Semarang. -- Sebagian besar para pelaku UMKM menganggap sistem pemasaran produk atau jasa berbasis digital merupakan hal yang sulit dan rumit. Ini merupakan pandangan yang salah. Digital Marketing sebenarnya memiliki banyak sisi yang memudahkan setiap orang untuk melakukannya. Digital Marketing dapat digunakan oleh UMKM untuk berkomunikasi secara langsung kepada pelanggan dengan menerapkan internet dan teknologi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencapai target pemasaran dengan menggunakan teknologi digital seperti website dan social media.

Mahasiswa KKN Lingkar Kampus Undip Tembalang telah melakukan sosialisasi terkait pentingnya Digital Marketing untuk UMKM di RW 03, Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Program tersebut merupakan wujud dari tema KKN Tematik Lingkar Kampus Kelompok 3 yang  berjudul "Sungaiku Bersih Kampusku Asri."

"Pemilihan program sosialisasi Digital Marketing ini merupakan bentuk upaya untuk memajukan UMKM yang berada di bantaran sungai RW 03 dalam memasarkan produknya agar lebih dikenal oleh masyarakat." Ucap Naufalariq Ahmad, Mahasiswa KKN Undip yang melaksanakan program tersebut.

Program sosialisasi ini dilaksanakan dengan cara door to door kepada beberapa UMKM yang berada di RW 03, Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Para UMKM yang dihampiri tampak sangat antusias dan menyimak sosialisasi tersebut. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan pengenalan dan edukasi kepada UMKM terkait pentingnya melakukan digital marketing pada UMKM.

Salah satu UMKM yang berada di RW 03 yaitu Craftonesia, pengusaha handcraft atau kerajinan tangan dengan berbahan dasar kertas-kertas bekas atau koran, merasa sangat terbantu dengan sosialisasi ini. Ibu Erna, selaku pemilik Craftonesia, mengungkapkan bahwa setelah terlaksananya program ini, beliau jadi lebih melek tentang dunia digital marketing dan akan memasarkan produknya melalui sosial media secepatnya.

Setelah sosialisasi ini terlaksana, dilanjutkan dengan memberikan poster kepada UMKM terkait dan memasang poster tersebut di pos kamling RT 02 RW 02 agar warga dan UMKM yang akan datang kedepannya dapat membaca dan memahami pentingnya melakukan digital marketing.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun