Mohon tunggu...
Kelly
Kelly Mohon Tunggu... Mahasiswa - Business Management Student, Tarumanagara University

The broader your mind, the vaster your world will be, the deeper your heart, the more humanity will take root.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Inovasi Baru terhadap Kebutuhan Pasar di Masa Mendatang

28 Maret 2021   17:45 Diperbarui: 28 Maret 2021   18:00 767 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kebutuhan pasar yang sangat bervariasi membuat seorang wirausaha harus selalu siap dengan keadaan yang akan dihadapi di masa yang akan datang. Salah satu keadaan yang harus diwaspadai seorang wirausaha yaitu seperti penurunan penjualan sehingga dapat diatasi dengan adanya inovasi produk baru sesuai dengan permintaan konsumen. Dengan begitu dapat disimpulkan inovasi merupakan seberapa jauh seorang wirausaha berani mengambil tindakan dan risiko yang ada dalam setiap langkah yang diambil.

Gök dan Peker (2016) mengungkapkan bahwa mengembangkan ide-ide baru dan mempresentasikannya ke pasar akan menjadi pendorong yang efektif untuk mencapai loyalitas dan kepuasan pelanggan. Dalam mempertahankan usahanya, setiap wirausaha di dalam pasar pasti membutuhkan inovasi agar produk yang dijual selalu memiliki nilai dan spesifikasi yang lebih bagus dibandingkan produk yang sebelumnya ada.

Berbagai peluang yang seorang wirausaha dapat capai dengan meningkatkan kualitas produk serta membuat produk dapat lebih bersaing dan terus bertahan di pasar yang luas. Tentunya pasar yang luas akan menjangkau konsumen yang belum mengenal produk sebelumnya. Dengan peluang baru yang ada, seorang wirausaha dapat menciptakan pasar baru serta menghemat biaya dengan cara mengurangi bahan baku dan mengganti produk yang sebelumnya tidak sesuai dengan kebutuhan pasar.

Seiring berjalannya waktu, inovasi juga menjaga produktivitas suatu usaha serta sebagai ciri khas dan pembeda daripada produk lainnya.  Selain itu, seorang wirausaha pasti tidak menginginkan usaha yang ia bangun di dalam pasar terasa hitam-putih maka berinovasi merupakan tindakan yang tepat dalam kondisi seperti ini. Dari beberapa penelitian dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang berorientasi pasar selalu berusaha untuk membedakan dirinya dari pesaing, utamanya melalui menyajikan ide-ide.

Produk di dalam pasar yang lebih berbeda dan lebih bervariatif akan membuat konsumen tidak merasakan kejenuhan pada produk sebelumnya yang bersifat cenderung itu-itu saja. Kejenuhan seorang wirausaha juga memiliki dampak yang negatif dalam menjalankan usahanya, seperti seorang wirausaha kurang bisa melihat peluang untuk menciptakan hal-hal yang baru serta kurang berkreasi dalam produk yang akan di jual. Intinya oleh memantau, menganalisis, dan menanggapi perubahan pasar perusahaan akan dapat memberikan solusi yang lebih baik dan meningkatkan kinerja produk baru.

Penelitian tentang pasar yang akan sudah dianalisis oleh seorang wirausaha sangatlah penting untuk mengetahui hal apa yang dapat membuat produk lama tidak lagi diminati pada masa sekarang. Sehingga di masa yang akan datang seorang wirausaha bisa menciptakan produk yang lebih sesuai dengan keinginan konsumen. Karena satu-satunya cara untuk menghargai nilai informasi yang diberikan adalah sejauh mana informasi tersebut memenuhi kebutuhan konsumen, perusahaan bermaksud untuk merangkul inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan mereka (Dekoulou et al., 2017).

Dengan melakukan penelitian tentang pasar tentu seorang wirausaha akan dengan mudah mengerti keadaan apa yang akan dihadapi saat melakukan inovasi pada produknya. Setelah melakukan penelitian, peluang untuk memiliki lebih banyak konsumen akan lebih besar karena produk yang dikeluarkan akan memiliki keunikan tersendiri serta disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Seorang wirausaha akan lebih memahami perkembangan usahanya dengan cara memiliki ide membuat produk baru dengan tujuan akan menarik lebih banyak konsumen sehingga usahanya akan bertahan di masa yang akan datang. Pada masa yang sulit sekalipun seorang wirausaha akan berusaha semaksimal mungkin untuk terus belajar dan menerapkan pemikiran yang kreatif.

Produk yang selalu berinovasi akan memperkuat kondisi pasar pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Pandemi covid-19 memiliki pengaruh yang besar dalam seluruh sektor kehidupan yang ada, baik dari sektor sosial sampai ke sektor ekonomi. Maka dari itu ide yang kreatif sungguh dapat membuat wirausaha bertahan dalam pasar yang sulit sekalipun.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan