Mohon tunggu...
Furqan Al Ghifary
Furqan Al Ghifary Mohon Tunggu...

Furqan Al Ghifary (_keken_), \r\nBanda Aceh. \r\n\r\n

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Salam Jari Tengah Buat Penjilat

5 Juli 2013   18:14 Diperbarui: 24 Juni 2015   10:58 24070 10 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Salam Jari Tengah Buat Penjilat
1372888388648247132

sumber gambar: MBDC

Sebelumnya saya tidak tau tulisan ini masuk ke room mana, sosbud, ato kejiwaan, ato sekedar catatan harian tapi what ever-lah..,

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “Jilat” berarti perbuatan dengan mengeluarkan atau menjulurkan lidah dan menempelkannya ke sesuatu, dengan maksud untuk merasa atau mencicipi. Kemudian dalam perkembangan selanjutnya kata “jilat” mengalami perluasan makna akibat proses morfofonemik atau perubahan fonem sehingga fonem “N” yang ditambah menjadi awalan “Pen-“ yang berarti menerangkan penambahan subjek, dan menjadi “Penjilat” yang berarti orang yang suka menjilat dengan menggunakan lidahnya.

Dengandemikian, kata Penjilat dalam arti yang sebenarnya tidaklah buruk, yaitu orang yang suka menggunakan lidahnya untuk mengetahui rasa dari sesuatu. Namun tidak setelah terjadi perluasan makna (kias), Penjilat dalam makna kias itu sangatlah buruk, bahkan lebih buruk dari Koruptor, dan orang-orang yang seperti ini sangat perlu untuk dikasihani.

Mahkluk yang bernama Penjilat atau Tukang Cari Muka ini biasanya muncul di lingkungan kerja, perkantoran, perusahaan, komunitas, organisasi, dll. Penjilat ini juga sama seperti kita, hanya manusia biasa. Bahkan terkadang Penjilat ini merupakan teman dekat kita, dia hidup berkeliaran setiap hari di sekitar kita, dan juga berteman dengan rekan-rekan kita yang lain. Namun yang pasti biasanya dia dekat dengan Atasan (atau manusia bodoh) sebagai sasaran yang dia “Jilat” dengan “Lidah”-nya.

Makhluk menjijikkan yang bernama Penjilat ini sangat mudah dikenali, makhluk ini bisa berwujud laki-laki, bisa pula berwujud perempuan, tapi biasanya kebanyakan perempuan lho (yang nulis ni laki :p)

Adapun ciri yang mudah untuk mengenali para PENJILAT ini adalah:

  1. Memiliki kepribadian vulgar
  2. Memiliki kepribadian hipokrit (banyak muka)
  3. Ke-PD-an ngaku-ngaku sebagai orang yang paling dekat dengan atasan
  4. Ambisius
  5. Oportunis sejati
  6. Bekerja bukan karna tugas dan kewajiban, tapi karna pujian, uang, dan jabatan
  7. Nekad menempuh segala macam cara untuk mendapatkan semuanya
  8. Sering menjadi mata-mata atasan
  9. Sering menjelek-jelekan rekan kerja, bukan hanya kepada atasan aja, tapi juga kepada rekan-rekan kerja yang lain.
  10. Sok pinter, padahal bodoh
  11. Sok sibuk (over akting), padahal sering ngerjain pekerjaan sepele dan gak berguna)
  12. Sok setia, sok loyal (cari muka = menjijikkan)
  13. Sok akrab dengan semua orang (di belakang mulut bau kentut)
  14. Suka cari aman (pura-pura setuju)
  15. Pura-pura baik sama teman (padahal nyari informasi baru)
  16. Pura-pura siap menerima tugas apa aja dari atasan (trus oper ke orang)
  17. Suka menindas rekan kerja (bukan fisik), bisa jadi dengan cara mensabotase pekerjaan rekannya sendiri.
  18. dll…etc…(tambah aja sendiri ya).

Bagi para Penjilat, rekan kerja bukanlah teman seperjuangan, tapi Saingan. Teman-teman yang memiliki kelebihan, baik itu dari segi fisik, otak, kemampuan, maupun yang punya potensi untuk melebihi dirinya dianggap sebagai Saingan terberat baginya. Dan karnanya makhluk Penjilat ini sering menggunakan cara menyikut ke segala arah, dan juga menendang ke segala arah.

Seorang Penjilat adalah pelapor ulung (kompor), menjadi corong meunasah tanpa diminta, apalagi tentang hal-hal yang mengenai kesalahan rekan kerja (saingan), makhluk ini akan berapi-api memberikan presentasi yang buruk tentang rekan tersebut (saingan itu) kepada semua orang, bahkan juga kepada atasan, tak peduli apakah laporan itu sesuai fakta, ataupun hanya rekayasa, dan tidak jarang pula makhluk sialan ini sering membesar-besarkan kesalahan rekan kerja (saingan) yang hanya se-gede upil kucing menjadi se-gede tumpukan tai’ gajah atau tai’ dinosaurus.

Seorang Penjilat merupakan wujud penjelmaan dari Bunglon. Di hadapan si-A dia suka berpura-pura baik, seolah-olah dialah sahabat terbaik. Namun di belakang si-A dia akan menjadi musuh yang ahli dalam propaganda tentang keburukan dan kejelekan si-A. Begitu juga dengan si-B, si-C atau yang lainnya. Bahkan makhluk laknat ini juga tak segan-segan melakukan hal yang sama kepada Atasan (manusia bodoh). Sehingga jika suatu saat si Penjilat ini kehilangan kedekatan dengan Atasan (manusia bodoh), baginya itu merupakan sebuah musibah yang sangat besar, dan karnanya, sebelum musibah itu datang, dia akan mencapai dan mempertahankan kedekatan dengan Atasan (manusia bodoh) tersebut dengan sekuat tenaga, dengan menghalalkan segala macam cara, dengan mengharamkan segala macam nasehat, dan bahkan dia rela melakukannya sampai dengan tetes iler (liur) yang terakhir.

Penjilat adalah orang yang suka demonstratif, haus perhatian, haus eksistensi, haus pujian, para makhluk ini tidak sadar, dengan sifat dan sikap nya selama ini sebenarnya para Penjilat ini telah menunjukkan KELEMAHAN dirinya yang sebenarnya pada lingkungannya dan pada rekan-rekannya yang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x