Mohon tunggu...
Keisha Lagunsad
Keisha Lagunsad Mohon Tunggu... Not a professional writer

Trying my best

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tips Agar Bisa Santai Walaupun Lagi Kuliah

10 Desember 2020   15:10 Diperbarui: 10 Desember 2020   15:16 55 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Agar Bisa Santai Walaupun Lagi Kuliah
Sumber: Katadata

Tahun 2020 adalah tahun dimana banyak sekali hal yang terjadi dalam hidup kita, salah satunya pandemi yang melanda seluruh dunia. Indonesia tak terkecuali juga terkena dampak dari pandemi ini, banyak yang sekali aspek yang terpengaruh salah satunya adalah aspek Pendidikan. Anak-anak TK, SD, SMP, SMA, hingga Mahasiswa terpaksa harus melakasanakan kegiatan belajar secara daring atau online.

Kegiatan pembelajaran secara online ini sangat baru bagi para pelajar dan mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan adanya adaptasi dengan suasana dan lingkungan baru. Salah satu adaptasi yang harus dilakukan adalah pembagian waktu kuliah, mengerjakan tugas, membantu pekerjaan rumah, dan bersantai. Gimana sih caranya agar bisa mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh dosen dan tetap bisa bersantai? Yuk simak beberapa tips ini!

1. Atur Waktumu

Manajemen waktu sangat penting dalam kehidupan keseharian kita agar kita bisa mencapai semua tujuan kita. Kita juga harus mengatur waktu kita agar tetap bisa santai dan menyelesaikan semua tugas serta mengikuti kegiatan perkuliahan dengan baik. Kita bisa mengatur waktu dengan mencatat jadwal kita perhari agar kita tahu apa yang harus kita kerjakan, apakah akan ada waktu luang untuk bersantai, dan kelas apa yang harus diikuti pada hari tersebut. Dengan adanya jadwal kegiatan, kita bisa mengontrol diri kita. Walaupun mungkin, kita tidak bisa mengikuti jadwal kita dengan sempurna, setidaknya kita sudah berusaha untuk mengikuti jadwal dan niscaya semakin lama kita akan terbiasa dengan kegiatan yang sudah di jadwalkan. 

2. Jangan lakukan SKS!

SKS itu apa sih? pasti teman-teman yang sering melakukannya sudah tau apa itu SKS. SKS adalah singkatan dari Sistem Kebut Semalam. Udah tahu kan? pasti banyak dari kita yang melakukan SKS. SKS sangat tidak untuk dilakukan karena akan membuat kita menjadi tergesa-gesa dan panik sehingga membuat apa yang kita kerjakan menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, selalu usahakan untuk segera mengerjakan tugas yang sudah diberikan oleh dosen. Apabila kita segera mengerjakan tugas yang diberikan, kita akan memiliki banyak waktu untuk menggali informasi lebih dalam dan dapat mengerjakan secara maksimal, tugas dikumpulkan tidak lagi tepat waktu, namun lebih awal! Saat kita sudah selesai mengerjakan tugas, kita akan memiliki waktu luang kedepannya dan merasa lebih santai dan rileks karena tugas sudah lebih dahulu selesai. Jadi, jangan suka SKS ya!

3. Kerahkan Semua Usaha Terbaikmu

Saat kita menerima tugas ataupun harus mengikuti kelas, kita harus mengerahkan semua usaha terbaik kita agar kita mendapatkan hasil yang maksimal. Bagaimana caranya? Dengan cara masuk room meeting tepat waktu atau bahkan lebih awal, mengerjakan tugas dengan baik, dan berusaha aktif didalam kelas. Apabila kita sudah berusaha semaksimal mungkin, namun hasil yang kita dapat tidak sesuai harapan itu tidak apa-apa. 'Loh gimana? Padahal aku udah usaha semaksimal mungkin'. Saat seperti ini, kita tidak akan rugi karena kita sudah melakukan segala hal sebaik mungkin, sehingga kemudian kita tidak akan menyesal dikemudian hari. Jadi, jangan pernah lelah untuk berusaha sebaik mungkin ya!

Tips-tips ini merupakan salah satu dari bentuk kita untuk menghindari masalah kedepannya dengan pendekatan yang kolaboratif, dimana semua pihak diuntungkan dan bisa saling berkerjasama. Oleh karena itu, diharapkan ada kerjasama antara mahasiswa dan dosen agar perkuliahan bisa berjalan dengan lancar dan tidak dijadikan beban. 

Semoga tips-tips ini bermanfaat buat semua teman-teman yang sedang menghadapi hiruk pikuk dunia perkuliahan online! Tetap semangat dan pantang menyerah ya!

DAFTAR PUSTAKA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN