Mohon tunggu...
Kautsar Ramadhan
Kautsar Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa Teknik Kimia yang suka Komedi, Psikologi, dan Pengetahuan Umum

Tips Psikologi | Pengetahuan Umum | Kimia | Komedi | My Story

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Apa Itu Hujan Asam? Seberbahaya Apa Sih? Mari Simak Fakta Menariknya

10 Juni 2021   16:00 Diperbarui: 10 Juni 2021   18:40 62 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu Hujan Asam? Seberbahaya Apa Sih? Mari Simak Fakta Menariknya
Dokumentasi Pribadi

Hujan Asam ? Apa bedanya dengan hujan Biasa ?

Hai kenalin namaku Kautsar Luthfian Ramadhan, tapi lebih akrab disapa icay. Beberapa temanku memintaku untuk aku berbagi mengenai beberapa hal tentang kimia. Sejujurnya aku juga tidak terlalu pandai dalam hal ini, tapi setidaknya aku mencoba berbagi. 

Di kesempatan atu artikelku ini aku akan sedikit menjelaskan tentang penemuan hujan asam atau acid rain. Nah sebelumnya apa kamu tau apa itu "hujan asam" ? yap seperti namanya,  hujan asam adalah hujan yang memiliki rintik hujan dengan derajat keasamaan atau pH yang rendah sehingga bersifat korosif dan mengikis benda lain, berikut mari kita simak sejarahnya.

Pada tahun 1963 para ilmuwan, mempelajari hutan eksperimental Hubbard Brook di New Hampshire. Dan mereka membuat Penemuan yang mengejutkan. Sampel curah hujan terbaru mereka hampir 100 kali lebih asam daripada biasanya. 

Pada tingkat ini hujan asam tambahan akan menghancurkan ekosistem laut dan Arboreal di Kawasan ini dalam hitungan dekade, dengan segera berbagi temuan mereka dengan rekan peneliti, Mereka bertekad menjawab dua pertanyaan. 

Apa yang menyebabkan hujan mematikan ini dan apa yang bisa dilakukan untuk menghentikannya, hujan tidak pernah hanya terdiri dari bahan kimia air dan partikulat. Atmosfer dapat ditemukan di setiap tetes dan beberapa senyawa seperti karbon dioksida membuat hujan biasa turun sedikit asam

Tapi ini artinya jika dibandingkan dengan asam kuat yang dihasilkan ketika air berinteraksi dengan oksida nitrogen atau sulfur dioksida pada skala pH yang mengukur keasaman setiap nomor lubang sepuluh kali lebih asam daripada yang di atasnya. Dan para peniliti biasa saja. Hujan memiliki pH sekitar 5,4 hujan. Itu berinteraksi dengan gas-gas berbahaya di langit. 

Dapat peringkat serendah 3,7 oksida nitrogen dan sulfur dioksida. Hal ini Dapat muncul secara alami sebagai produk singkat dari letusan gunung berapi atau sambaran petir, tetapi pembangkit listrik, kilang dan kendaraan Itu menggunakan bahan bakar fosil secara konsisten memompa jumlah besar ke udara.

Gas-gas berbahaya ini bergerak bersama angin yang menyebar ratusan kilometer, dari Sumber polusi yang bertindak seperti Awan Penghancur yang berkeliaran, kehadirannya secara dramatis meningkatkan keasaman presipitasi lokal, menciptakan hujan asam dan kabut asam.

Ini semua mengasamkan danau dan sungai. Sehingga perlahan lahan mulai membunuh tanaman, dan hutan, dan merusak tanah untuk menghambat pertumbuhan masa depan dari waktu ke waktu asam, hujan bahkan dapat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN