Mohon tunggu...
Kautsar Ramadhan
Kautsar Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa Teknik Kimia yang suka Komedi, Psikologi, dan Pengetahuan Umum

Tips Psikologi | Pengetahuan Umum | Kimia | Komedi | My Story

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Memahami Ekosistem Belajar dari SNMPN & SPAN-PT KIN

16 Mei 2021   19:22 Diperbarui: 16 Mei 2021   19:26 87 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Ekosistem Belajar dari SNMPN & SPAN-PT KIN
Hasil SPAN-PTKIN ku (Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi) 

Dengarkan Ben Bercerita : 

SNMPN ? SPAN-PTKIN ? Lewaaat

            Hai, aku Kautsar Ramadhan, dan lebih akrab disapa icay. Aku adalah lulusan SMA Surya Buana Malang Tahun 2020. Buat yang belum tau aku adalah mahasiswa di Politeknik Negri Malang (Polinema). Kamu bisa menemukan Polinema di pusat kota atau lebih tepatnya dijalan Soekarno Hatta No. 9. ini kebanggaan bagiku bisa diterima dan berkuliah di salah satu politeknik negri terbaik di Indonesia. Meskipun aku agak benci mengakui kalau perkuliahan terutama kuliah online membuat kondisi mentalku nggak terlalu baik xixixi. Di artikel kali ini aku akan bercerita seputar penerimaanku di Polinema.

            Sebelum ngobrol lebih jauh tentang kuliahku, aku ingin bercerita tentang cita-citaku. aku punya cita cita besar untuk menjadi seorang mentri bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Terutama pada bidang pariwisata. karena sejujurnya aku suka banget nge-vlog, jalan jalan, dan traveling ke berbagai tempat wkwkwk. Ada banyak tempat cantik di Indonesia yang mau aku kunjungi.

Karena kesukaan dan passionku ini aku memutuskan mencoba mendaftar di jurusan pariwisata. pada jalur SNMPTN aku tidak mungkin mengambil jurusan pariwisata ataupun menejemen hotel karena semasa SMA aku mengambil jurusan IPA, sehingga kemungkinan untuk diterima kecil sekali. Pada jalur undangan masuk perguruan tinggi negri sangat tidak disarankan untuk memilih jurusan . Pada jalur SNMPN aku tidak di perbolehkan untuk mengambil jurusan pariwisata sama bunda. Oleh karena itu pada jalur SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, semacam jalur undangan untuk UIN dan IAIN di Indonesia) terbuka peluang untuk menjadi mahasiswa jurusan "Pariwisata Syariah". Jurusan ini merupakan jurusan baru di UIN Mataram dan merupakan jurusan Pariwisata Syariah pertama di Indonesia yang mana kemungkinan untuk diterimanyapun sangat kecil. Dari seluruh pendaftar hanya diterima 16 orang saja sebagai angkatan pertama jurusan ini.

Alhamdulillah dan diluar dugaan aku diterima di jurusan ini, aku mulai membayangkan masa depan dan karir yang akan aku bangun di dunia pariwisata. aku akan memperkenalkan keindahan alam dan keelokan budaya Indonesia ke kancah internasional. Aku berpikir ini adalah berkah yang terbaik dan tidak tergantikan.

1 bulan setelah pengumuman penerimaan mahasiswa baru ...... jeng jeng jeng !! huaaaaah pandemi COVID-19 datang dan ngehancurin semua khayalanku di industri pariwisata. industri pariwisata di Indonesia mengalami penurunan jumlah turis secara drastis. Anjuran pemerintah untuk #dirumahaja membuat beberapa destinasi liburan kekurangan pengunjung. Selain itu pusat pusat keramaian seperti mall dan destinasi wisata harus di tutup untuk sementara waktu (sekitar 2-3 bulan). Hal ini membuat bunda khawatir dan melarangku untuk menempuh ilmu dan berkarir di dunia pariwisata. bunda takut untuk kedepannya kita bangsa Indonesia membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan era new normal dan merecovery bisnis dan destinasi pariwisata nasional. Apalagi aku diterima di UIN Mataram yang cukup jauh dari Kota Malang semakin membuat bunda khawatir untuk aku melanjutkan study disana.

Dengan berbagai pertimbangan akhirnya aku harus melupakan mimpiku untuk berkarir di industry pariwisata dan memilih untuk melanjutkan study di Politeknik Negri Malang. Di Polinema aku mengambil jurusan Teknik Kimia dengan prodi D-IV Teknologi Kimia Industri. Aku di terima melalui jalur SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negri) atau sederhanannya jalur undangan. Sejujurnya aku nggak tau, gimana aku dapat di terima di kampus ini. Karena latar belakang pendidikanku adalah SMA islam, sementara ekosistem belajar Politeknik merupakan lanjutan dari Sekolah Kejuruan yang mana sangat ideal bagi kamu yang bersekolah di SMK. Alasanku memilih politeknik dibandingkan universitas atau universitas islam sebenarnya terdengar cukup remeh, karena aku dengar kabar angin kalau masuk ke politeknik ada jaminan kerja, bahkan sebelum kamu lulus. Aku menempuh jenjang pendidikan SMA di malang sehingga akupun memutuskan untuk melanjutkan study di salah satu politeknik di malang, yaitu Polinema.

Aku melakukan beberapa registrasi di polinema, cukup dengan menyertakan nilai rapot dari semester 1-5 dan prestasi semasa SMA, kita semua memiliki peluang yang sama untuk diterima. Dan entah karena beruntung atau berkah, atau malah petaka akhirnya aku diterima.

Wkwkww mungkin kamu bingung kenapa aku sebut penerimaanku sebagai mahasiswa baru di Polinema sebagai petaka, "ya allah sar, udah mah keterima, bersyukur kali". Yah aku juga berpikir begitu sebelum aku ditempa oleh ekosistem belajar Politeknik secara online yang kurang cocok denganku.

Hasil SNMPN ku (Sumber Gambar : Dokumentasi pribadi)
Hasil SNMPN ku (Sumber Gambar : Dokumentasi pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN