Mohon tunggu...
Keluarga Bunga Gunung
Keluarga Bunga Gunung Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Dua Pecinta

Pasangan suami-istri yang tertarik menulis soal parenting, nyastra, dan sebagainya, sebagainya, sebagainya.

Selanjutnya

Tutup

Parenting

Cerita Ibu: Beli Baju Newborn Cukup Berapa Banyak?

29 Juli 2022   13:13 Diperbarui: 29 Juli 2022   13:21 215 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar Lemari Pakaian Anak (dok. Kompas)

Menantikan kelahiran anak pertama punya euforia tersendiri bagi para orang tua baru. Biasanya, kegembiraan itu diimplementasikan dengan banyak belanja kebutuhan Si Kecil, terutama pakaian.

Tapi sebenernya, beli baju dan perintilannya cukup berapa banyak, sih? Dan apa aja yang bener-bener dipakai sehari-hari?

Begini pengalaman saya dan anak pertama saya. 

Minimal punya apa saja?

1. Baju Kancing dan Celana Pop

Gambar Baju Kancing dan Celana Pop (dokpri)
Gambar Baju Kancing dan Celana Pop (dokpri)

Sehari-hari, saya pakaikan anak saya baju kancing yang dipasangkan dengan celana pop.  Bahannya lembut dan adem, nyaman sekali dipakai. Masing-masing ada selusin. Untuk baju kancingnya, di anak saya, cukup sampai usia 2.5 bulan. Sementara celana pop-nya, saya pakaikan ukuran besar karena perut newborn tuh buncit yaa, jadinya saya merasa gak tega aja kalo makein yang ngepas ukurannya. Lumayan, sampe sekarang jalan 4 bulan masih kepake.

2. Baju Jumper

Baju Jumper Bayi (dokpri)
Baju Jumper Bayi (dokpri)

Selain baju atas bawah, sehari-hari saya juga suka pakaikan anak saya jumper tangan pendek. Ada 4pcs jumper yang kepake banget. Sebenarnya ada 6pcs, tapi yang 2-nya hanya sebagai cadangan karena ukurannya kurang pas di badan anak saya. Jumper-jumper ini cukup sampai usia 2 bulan saja.

3. Kain Bedong

Anak saya punya selusin kain bedong, yang terpakai hanya sebulan. Lepas dari usia 1 bulan, kaki anak saya mulai aktif menendang-nendang hingga kainnya sering tercerai-berai. Karena kain bedongnya bukan kain bedong instan, setelah sebulan itu, kain-kain ini bisa dipakai sebagai selimut tipis, atau alas kasur, atau alas stroller, dsb.

4. Sarung Tangan dan Kaki

Sarung tangan dan kaki ini bener-bener terpakai setelah anak saya lepas bedong. Sepengalaman saya, setidaknya butuh 6 set. Biasanya 1 set terdiri dari sepasang sarung tangan dan sepasang sarung kaki. Di usia 3 bulan, sarung kakinya sudah gak muat di anak saya, lalu berganti ke kaus kaki. Sarung tangannya masih dipakai saat tidur malam hari, pun siang ketika tangannya terasa dingin.

5. Sapu Tangan 

Anak saya ada 8pcs sapu tangan: 6pcs berbahan handuk & 2 pcs berbahan kain katun. Ini berguna banget untuk ngelap tumpahan susu di area dagu dan pipi. Atau buat ngelap gumoh juga. Di usia 3 bulan, anak saya mulai mainin air liurnya, jadi ini bisa dipakai juga untuk mengelap area bibir, pipi, dan dagu yang terkena liurnya itu. Untuk yang satu ini menurut saya oke kalau punya banyak, karena bisa dipakai sampai nanti-nanti.

6. Handuk Mandi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan