Mohon tunggu...
Katedrarajawen
Katedrarajawen Mohon Tunggu... Penulis - Anak Kehidupan

Merindukan Pencerahan Hidup Melalui Dalam Keheningan Menulis. ________________________ Saat berkarya, kau adalah seruling yang melalui hatinya bisikan waktu terjelma menjadi musik...dan berkarya dengan cinta kasih: apakah itu? Itu adalah menenun kain dengan benang yang berasal dari hatimu, bahkan seperti buah hatimu yang akan memakai kain itu [Kahlil Gibran, Sang Nabi]

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Terbaik

6 Desember 2021   10:03 Diperbarui: 6 Desember 2021   10:09 178 41 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar diolah dari postwrap 

Kita selalu ingin melakukan yang terbaik untuk orangtua. Apakah hasilnya akan selalu yang terbaik? 

Malam itu Papa masih berada dalam perawatan di ruang IGD karena kamar yang ada di rumah sakit semua kelas penuh. Betapa bingung dan gelisah saya. Dalam lelah badan dan pikiran  tak tahu harus berbuat apa. Karena melihat kondisi Papa yang semakin lemah. 

Hal ini yang menyebabkan rencana operasi kaki terus tertunda. Karena hemoglobin rendah, sebaliknya tekanan darah tinggi dan kondisi gula darah yang turun terus sampai di bawah 70 mg/dl. 

Hati terasa menahan kesedihan mendalam melihat usaha perawat menemukan pembuluh darah yang pas  untuk memasukkan jarum infus mengalami kendala. 

Akhirnya perawat itu sampai menyerah. Pembuluh darah sudah menyempit, katanya. Kemudian  harus menunggu perawat lainnya yang lebih berpengalaman. 

Sementara papa menahan sakit yang luar biasa. Tampak dari raut wajahnya. Saya pun ikut menahan sakit. Menahan air mata juga. 

Apa yang bisa saya perbuat?

Bingung sejenak dan ingin berteriak atau menangis rasanya saat itu. 

Namun, segera menenangkan  diri. Tarik napas dalam-dalam  melihat ke dalam dan menyadarkan  diri. Pasti ada jalan. Percaya saja.

Dalam kondisi ini hanya doa yang menjadi harapan dan berserah kepada Yang Mahakuasa agar dokter bisa melakukan yang terbaik. Karena sebagai manusia tentu punya keterbatasan.

Pada batas ini saya tidak tahu ini yang dinamakan ketaatan dalam keyakinan atau kekurangajaran. Karena hanya bisa lepas tangan dan sepenuhnya berserah pada-Nya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan