Saya adalah pelanggan setia internet dari Bolt, dari Group First Media yang sudah cukup lama. Setelah mencoba beberapa provider internet, Bolt - lah yang menjadi pilihan. Selain menggunakan modem, kartu Bolt saya juga gunakan di smartphone. Anak saya dan teman juga saya rekomendasikan untuk menggunakan Bolt. Karena internet dari Bolt memang memuaskan kecepatannya.
Setelah menggunakan metode prabayar, kemudian saya ganti dengan pasca bayar. Tujuan untuk kemudahan dan kenyamanan. Namun apa yang terjadi? Yang didapat kekecewaan dan ketidaknyamanan.
Pembayaran lancar, tetapi malah bisa kena suspend. Kesalahan di sistem provider, namun pelanggan yang harus menanggung kesalahan itu dalam pelayanan. Yakni sambungan internet diputus.
Tanggal jatuh tempo pembayaran setiap bulan adalah dari 14 sampai 20. Pada bulan November ini saya  melakukan pembayaran via ATM tanggal 19. Saya pikir tidak akan ada masalah. Eh, tanggal 22 ada email yang memberikan bahwa saya akan di - suspend pada esok hari. Ada catatan abaikan email ini bila sudah melakukan pembayaran.
Tentu saya merasa tidak nyaman. Mengapa pembayaran yang sudah saya lakukan belum masuk ke bagian sistem penagihan. Sementara di aplikasi My Bolt saya sudah tertulis lunas. Langsung saya menghubungi customer service Bolt untuk konfirmasi dan mendapatkan jawaban memang benar  saya sudah melakukan pembayaran.
Ini sebenarnya sudah kejadian kedua kali dalam hal masalah tagihan. Waktu awal berlangganan, melalui email saya tetap mendapat billing tagihan. Padahal sesuai perjanjian untuk bulan pertama adalah gratis dan di aplikasi My Bolt saya memang tidak ada tagihan
Tidak sinkron. Mengapa? Tentu ada sistem kerja yang salah. Namun pelanggan yang harus menanggung akibatnya.
Pagi ini, Kamis, 23 November 2017 ketika hendak membuka smartphone layanan internet sudah tidak tersambung. Awalnya saya pikir mungkin ada gangguan. Tetapi anak yang juga menggunakan Bolt layanan internetnya tidak ada masalah. Untuk memastikan lagi - lagi saya menghubungi customer service yang selalu sibuk. Akhirnya saya mendapat kepastian juga kalau memang benar kena suspend. Karena pembayaran saya belum masuk ke sistem mereka. Aneh?
Saya protes, pihak Bolt sudah bisa memastikan kalau saya sudah melakukan pembayaran tetapi belum masuk ke bagian penagihan. Dari tanggal 19 bayar, tanggal 22 belum masuk. Itu berarti sistem mereka yang lambat. Bila demikian kenapa bisa  cepat ambil keputusan untuk melakukan suspend? Kenapa tidak dengan masa tenggang 7 hari misalnya?
Saya katakan lagi, bisa jadi masalah ini yang alami bukan hanya saya. Entah berapa banyak. Seperti biasa jawabannya bahwa hal ini akan diperhatikan dan minta maaf atas ketidaknyamanan.
Bagaimana kelanjutannya? Dijanjikan dalam waktu 1 x 24 layanan internetnya akan tersambung kembali. Sampai pukul 11.14 terakhir saya cek masih belum ada layanan. Padahal untuk waktu pertama kali berlangganan beberapa saat layanan internetnya sudah bisa digunakan. Ya, sabarlah.
Intinya ya memang tetap harus sabar dan bersyukur. Loh, bersyukur? Kan bisa jadi bahan untuk menulis!