Mohon tunggu...
Katarina Widhi Arneta Sari
Katarina Widhi Arneta Sari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

sedang belajar dan terus belajar

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

6 Karakteristik "Catch Me Up!" sebagai Media Baru

8 September 2020   11:51 Diperbarui: 8 September 2020   11:50 742 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Media baru atau new media sering digunakan untuk penggambaran konten atau informasi yang akan disebarkan dengan bentuk komunikasi secara elektronik atau digital dengan pemanfaatan teknologi komputer (Widodo, 2020, h.13). 

Pembuatan konten atau informasi dilakukan karena adanya permintaan melalui internet atau secara on-demand. 

Media baru memiliki sifat yang saling terhubung atau terintegrasi. Teknologi internet menjadi salah satu pendukung bagaimana interkonektivitas dengan beragam media lainnya.

Salah satu media baru yang muncul adalah Catch Me Up! yang merupakan newsletter elektronik. 

Konsep mereka yaitu dengan hanya berlangganan melalui e-mail lalu tiap Senin hingga Jumat akan dikirimkan berita di pagi hari pukul 06.00 WIB. 

Selain itu, berita yang diangkat tidak mengandung click-bait yang selama ini sering dibuat oleh jurnalis media cetak.

6 karakteristik media baru menurut Lister (dalam Widodo, 2020, h. 14-17)

1. Digital

Adanya perkembangan teknologi membuat konten atau informasi makin mudah diakses dan dikonversikan dalam berbagai bentuk seperti gambar, teks, audio, video, grafis, dll. Digitalisasi diterapkan oleh Catch Me Up! karena tiap penyampaian berita yang dilakukan selalu menggunakan teks dan gambar yang menarik dan sesuai dengan bahasan berita.

2. Interactivity

Media baru harus bersifat dua arah yang memungkinkan konsumen lebih aktif terlibat. Interaktivitas bisa dilihat dari like, komentar pada berita yang dikirimkan. Interaktivitas ini membuat pengguna atau konsumen menjadi lebih aktif dan berpartisipasi pada pembuatan konten. Keikut-sertaan pengguna atau konsumen dapat dilihat dari akun media sosial Catch Me Up! di Twitter, Facebook, ataupun Instagram. 

3. Hypertextual

Dibuat untuk rujukan pada teks agar dapat langsung menuju halaman referensi. Adanya rujukan atau tautan link dapat memberikan pilihan pada konsumen untuk bebas memilih konten mana yang disukai.

4. Jaringan (Global)

Adanya media digital mampu memberikan kemudahan dalam mengakses konten ataupun menyediakan fasilitas dalam interaksi masyarakat yang lebih luas. Jaringan yang lebih luas atau global membuat pengaksesan konten dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

5. Virtual

Karakteristik ini mungkin belum disajikan oleh Catch Me Up! karena konsep mereka yang merupakan koran untuk dibaca. Disisi lain, karakteristik ini dapat menjadi salah satu poin penting karena dapat membuat media makin interaktif.

6. Simulated

Penggambaran ulang mengenai suatu hal atau peristiwa digambarkan oleh Catch Me Up! hanya dengan visual pada laman Instagram mereka. Walaupun begitu, seluruh grafis yang ada sangat menarik minat pengguna untuk meng-klik ataupun menaruh perhatian pengguna.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan