Mohon tunggu...
kastuari property
kastuari property Mohon Tunggu... Jasa Desain Rumah

Mengerjakan beberapa jasa perencanaan dan pelaksanaan fisik, seperti arsitektur, struktur hingga mekanikal elektrikal www.kastuari.id Konsultasi Arsitek : 081219995707 (Whatsapp)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ciri Arsitektur Candi dan Sejarah Relief Candi Borobudur

20 Juli 2020   11:26 Diperbarui: 20 Juli 2020   11:25 745 1 0 Mohon Tunggu...

Bagaikan bangsa yang mempunyai khazanah kebudayaan serta tradisi yang sangat kaya, Indonesia menaruh banyak perihal buat diteliti, dipelajari, serta dibesarkan.

Salah satu perihal yang dapat ditelaah merupakan bangunan- bangunan candi besar yang berada, di pulau Jawa. Kita mempunyai candi besar semacam Borobudur serta Prambanan, yang dapat dikatakan jadi simbol puncak peradaban arsitektur pada masanya.

Dalam pembahasan ini, kita didedahkan bermacam cerminan dari hasil studi terhadap candi- candi di Indonesia yang ditinjau dari disiplin arsitektur. Dari situ, ditemui perihal menarik serta luar biasa, paling utama mengenai tradisi arsitektur candi di Indonesia yang mempengaruhi serta jadi referensi desain candi serta kuil di Asia Tenggara.

Pakar menjelaskan, sepanjang riset pada peninggalan bangunan masa dahulu di Indonesia cenderung bertabiat antropologis serta arkeologis. Dampaknya, watak transformatifnya kurang, sebab bertabiat statis. Pembahasan  ini meninjau bangunan candi bersumber pada kajian arsitektur, sehingga membolehkan terdapatnya gagasan yang lebih transformatif, spesialnya yang berkaitan dengan daerah Asia Tenggara, sehingga bisa menampilkan eksistensi candi di Indonesia dalam konteks yang lebih luas.

Riset ini memakai pendekatan arsitektural lewat kajian representasi, tipomorfologi arsitektur, transformasi, percampuran, serta bisa berhubungan dengan uraian analogi- analogi yang bertumpu pada nilai- nilai lokal. Mula- mula, dipaparkan tentang gimana arsitektur candi di Jawa, paling utama candi Prambanan, Borobudur, setelah itu menguak relasinya dengan candi di masa transisi di Kamboja, semacam candi Bakong.

Dari sini, ditemui dominasi unsur- unsur candi masa Klasik Tengah Jawa pada candi- candi masa transisi di Kamboja. Penyusun mempelajari 62 faktor candi yang terdapat di Jawa serta menciptakan 19 di antara lain terdapat pada faktor candi di Kamboja.

Ulasan beranjak pada pengaruh arsitektur candi di Jawa pada puncak percandian di Kamboja. Dalam hal ini, tata massa dan denah, ataupun denah bangunan utama serta bangunan penunjang antara candi Borobudur serta Prambanan dengan Angkor Wat yang dapat dikatakan jadi simbol puncak arsitektur candi di Kamboja. Ditemui terdapatnya faktor penyusunan tata massa yang sama, tetapi dibesarkan dengan wujud yang berbeda. Angkor Wat nampak memakai faktor( elektisisme) jenis Candi Borobudur serta Candi Prambanan pada tata massa, denah, serta wujud. Pengaruh Candi Prambanan lebih kokoh, tetapi olahan ornamen hadapi pengembangan lebih lanjut.

Para ahli  berkesimpulan Angkor Watt memanglah termotivasi dari arsitektur Candi Prambanan serta Borobudur. Candi- candi di Kamboja pada masa transisi termotivasi kokoh oleh candi- candi di Jawa, mengingat perbandingan waktu tidak sangat jauh.

Terdapat gejala pengaruh candi Jawa masa Klasik Tengah yang persisten digunakan bagaikan sumber inspirasi pada perancangan serta pembuatan candi di masa pratransisi hingga Bayon di Kamboja. Perihal ini menunjukkan candi di Jawa telah mempunyai keunggulan arsitektur.

Dipaparkan Candi Induk Prambanan, walaupun berbeda tingginya sedikit dengan Angkor, dibentuk tidak dengan kaki yang besar, tetapi dengan wujud yang besar dari dasar ke atas. Ketinggiannya setara dengan gabungan kaki Angkor yang berundak serta candi utamanya. Perihal ini menampilkan teknologi high rise building candi di Jawa lebih unggul serta maju.

Di samping itu, teknologi pertukangan Jawa Klasik Tengah pula nampak lebih maju sebab mampu mencerna material yang lebih pejal serta metode pengangkutan yang lebih apik. Material candi di Jawa( andesit) lebih keras daripada material batu( sandstone) di Kamboja( hektometer 243).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN