Mohon tunggu...
Kasmiyati
Kasmiyati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan_2018

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Perjuangan Siswa SD Negeri Guntur Berangkat Sekolah

9 Agustus 2021   18:30 Diperbarui: 9 Agustus 2021   18:37 91 3 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kampus Mengajar merupakan sub program dari kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program ini merupakan wujud pengabdian mahasiswa secara langsung di lapangan untuk melihat kondisi belajar peserta didik di Sekolah Dasar. 

Sasaran mengajar utama dari program Kampus Mengajar yaitu sekolah yang berada di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) dimana sekolah tersebut masih banyak memiliki kekurangan mulai dari kompetensi guru, fasilitas sarana dan prasarana serta koneksi jaringan internet. 

Hal ini dapat meningkatkan kesadaran bahwa pendidikan di Indonesia masih rendah. Sekolah-sekolah yang berada di daerah 3T kesulitan dengan jaringan internet yang tidak stabil atau bahkan tidak ada sama sekali, sehingga pendidik kesulitan dalam menyampaikan materi yang mengakibatkan pembelajaran daring sama sekali tidak efektif. 

Hal ini sangat membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Pemerintah mengadakan program baru yang bernama Kampus Mengajar yang bertujuan untuk memberikan revolusi dan ide-ide baru kepada sekolah.

Penempatan mahasiswa dilakukan sesuai dengan domisili peserta Kampus Mengajar. Program Kampus Mengajar terdapat 35 ribu pendaftar, namun yang lolos sampai penugasan sejumlah 15 ribu mahasiswa dari seluruh Indonesia yang berada di daerah 3T. 

Saya sebagai salah satu mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang lolos seleksi Kampus Mengajar ditempatkan mengajar di SD Negeri Guntur yang berada di Jl. Gerantung, Jontlak, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. 

Saya memiliki rekan kerja dari Universitas Mataram berjumlah satu orang sehingga total mahasiswa yang mengabdi di SD Negeri Guntur berjumlah dua orang. Sejauh ini, pembelajaran dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan 3M (menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker).

Menjadi bagian dari Kampus Mengajar merupakan sebuah kebanggaan bagi saya, karena bisa langsung terjun ke lapangan untuk melihat proses pembelajaran yang dilakukan serta melihat kendala yang dialami anak ketika di sekolah. 

Proses pengajaran yang dilakukan guru SD Negeri Guntur menggunakan buku tematik kurikulum 2013, dimana pembelajaran yang diberikan sesuai dengan buku di dalam tema tersebut. 

Adaptasi teknologi di SDN Guntur tidak pernah menggunakan zoom meeting atau google meet karena adanya kendala sinyal sehingga pendidik tidak pernah menggunakan platform tersebut untuk menyampaikan pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan