Mohon tunggu...
Rizki Subbeh
Rizki Subbeh Mohon Tunggu... SAYA ADALAH SEORANG GURU

Dekonstruksi Kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Wisata dan Home Stay "Pondok Nggaga" Senduro Bertema Alam dengan Budaya Lumajang

25 September 2020   15:04 Diperbarui: 25 September 2020   15:06 7 3 0 Mohon Tunggu...

Pondok Nggaga berada di Dusun Wonorejo Desa Kandang Tepus Kec. Senduro Kab. Lumajang. Merupakan sebuah sebuah Home Stay yang di desain menjadi satu dengan sebuah cafe. 

Berdasarkan namanya "Pondok Nggaga" diambil dari dua Bahasa setempat, pondok sendiri berasal dari Bahasa Jawa sedangkan  Nggaga berasal dari Bahasa Suku Tengger yang berarti Kebun. Tidak jauh dari namanya, pondok ini memang tepat berada di tengah perkebunan.

Tempat yang berkonsepkan kebudayaan Jawa ini memang sangat pas untuk dijadikan sebagai tujuan penghilang penat. Tak hanya itu, bangunan pondok yang di desain segitiga menggambarkan gagahnya gunung semeru yang bisa kita lihat di arah selatan.

Meski belum resmi dibuka, namun tempat ini sudah ramai dikunjungi oleh wisata lokal. Bagaimana tidak pondok nggaga juga ramai di media sosial. Kabarnya, tempat ini akan dijadikan sebagai paket wisata. 

Di tempat ini juga akan dibuka kursus Bahasa Jawa. Lebih dari itu, pengelolah pondok nggaga berinisiatif untuk melatih pemuda setempat agar bisa berbahasa asing. Pasalnya tempat ini akan dipromosikan ke wisata asing atau mancanegara.

VIDEO PILIHAN