Mohon tunggu...
adi susilo
adi susilo Mohon Tunggu... Wiraswasta - usaha mandiri

Mengamati situasi Yang Kini Terjadi

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Komcad: Wujud Menjaga Ketahanan dari Ancaman

27 Oktober 2021   04:53 Diperbarui: 27 Oktober 2021   04:58 67 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Keamanan. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Pixelcreatures

Dalam referensi kita mengetahui bahwa ketahanan nasional meliputi berbagai aspek kehidupan yang terintegrasi dalam menghadapi segala tantangan, ancaman dan gangguan baik dari luar maupun dalam. Sehingga ketahanan ini mutlak dijaga untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara serta perjuangan mencapai tujuan nasional.

Beberapa waktu lalu dengan dibentuknya komponen cadangan merupakan inisiasi dari Kemenham di mana untuk mewujudkan penegakan Pancasila sebagai dasar Negara dan konstitusi UUD 1945 yang mana secara implisit ada dimensi ketahanan nasional yaitu  untuk menghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan. Serta kemampuan mengejar ketinggalan dan membangun kesejahteraan dan keamanan.

Dari landasan tersebut Kemenham melalui Direktorat Strategi Pertahanan membuat konsep adanya komponen cadangan dan sebagai pembiayaan melalui persetujuan Kemenkeu selanjutnya peng anggaran melalui APBN. Untuk mengikuti bergabung menjadi komponen cadangan beberapa waktu lalu diumumkan secara terbuka melalui laman media online. 

Dari kalangan pendaftar dapat digolongkan dari berbagai lulusan baik untuk yang berijazah SLTA, Diploma dan Strata satu. Mereka ini dilatih di masing masing Resimen Induk Daerah Militer ( Rindam ) di masing masing Kodam yang mendapatkan tugas pelatihan.

Beberapa jenis latihan diantaranya dasar dasar keprajuritan seperti halang rintang, lintas medan serta menembak. Sebagai kategori kepangkatan bagi yang berijasah SLTA alumninya berpangkat Serda sedang dari diploma/S1 berpangkat Letnan dua. 

Semua lulusan komcad ini juga mempunyai Komandan Rayon di masing masing satuan dan siap menerima tugas dalam bela Negara. Dari sekilas menggali info dari pelatih, kemampuan menembak para peserta comcad ini cukup bagus bahkan dapat dikatakan mengalahkan tentara yang sesungguhnya.

Pada dasawarsa sekarang ini kemungkinan adanya perang umum kecil sekali, akan tetapi besar kemungkinan adanya ancaman dari dalam maupun dari luar bisa terjadi. Kekuatan bangsa Indonesia punya tradisi sebagi bangsa pejuang. Kelemahan yang Nampak dan perlu mendapatkan perhatian adalah kesadaran bela Negara belum memasyarakat. 

Sehingga dengan keberadaan komponen cadangan bisa menjawab melaksanakan fungsi ketertiban umum, perlindungan rakyat, keamanan rakyat dan ikut serta dalam pembelaan Negara dan kecintaan kepada tanah air, kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang meyakini Pancasila dan UUD 1945.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Keamanan Selengkapnya
Lihat Keamanan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan