Mohon tunggu...
KARTINI
KARTINI Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA - EKONOMI SYARI'AH

اللهم صل على سيدنا محمد و على ال سيدنا محمد (Q.S Adz-Dzariyat [ 51 ] : 56)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Dosen, Inilah Harapan Mahasiswa

26 November 2022   06:52 Diperbarui: 23 Desember 2022   12:11 550
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

KARTINI- Tentunya sebagai mahasiswa sangat menginginkan sosok dosen yang sangat diharapkan, dan didambakan. Begitu pula seorang dosen yang harus menjadi harapan bagi mahasiswanya. 

Jika sesuai dengan apa yang diharapkan, maka proses belajar mengajar akan berlangsung dengan baik dan berkah. Pastinya juga bermanfaat untuk semuanya, dengan adanya implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagian besar hanya mengharapkan, dan menuntut sepihak tanpa adanya timbal balik. Sebenarnya harus bersamaan, karena seorang mahasiswa harus membayar biaya perkuliahan. Begitu pula seorang dosen harus mengajar, dan digaji oleh pemerintahan. Keduanya sama-sama berjuang. 

Faktanya kebanyakan tidak peduli lagi untuk memikirkan apa kewajiban yang harus ditunaikan, dan bagaimana cara menunaikannya. Justru lebih kepada apa hak yang harus didapatkan, dan bagaimana cara mendapatkannya. Ini adalah pemikiran yang keliru, seharusnya seorang dosen menjadi teladan yang baik bagi mahasiswa. Karena sudah lebih berpengalaman, dan juga memiliki ilmu pengetahuan yang sangat luas. Perlu dipertanyakan apakah ilmu yang didapatkan sudah diimplementasikan dengan baik?

Beberapa harapan mahasiswa terhadap dosen yang belum terealisasikan, yakni:

1. Mendapatkan hak sepenuhnya dalam menuntut ilmu.

Belum terealisasi dengan baik, karena faktanya seorang dosen dalam memberikan ilmunya kurang menyentuh relung mahasiswa. Hanya sekedar menggugurkan kewajiban dalam mengajar, tanpa adanya kesadaran untuk memberikan pemahaman yang baik terhadap mahasiswa. Dari beberapa penjabaran tersebut, akan memunculkan pertanyaan. Bagaimana keikhlasannya dalam mengajar?

Mahasiswa sangat mengharapkan sosok dosen yang menunaikan kewajibannya. Dengan menyadari bahwa mahasiswa punya hak untuk mendapatkan ilmu. Yang bermakna "Seorang dosen harus berusaha untuk memberikan ilmu yang baik, memberikan pemahaman kepada mahasiswa, dan juga memudahkan mahasiswa dalam menuntut ilmu". Seorang mahasiswa yang aktif, seharusnya dijadikan pembelajaran, sedang mengingatkan sekaligus menyadarkan seorang dosen secara tidak langsung, apakah haknya sudah terpenuhi?.

2. Penyampaian yang baik.

Belum terealisasi dengan baik, karena faktanya kebanyakan seorang dosen disaat menyampaikan ilmu caranya kurang baik.

Seharusnya seorang dosen paham "Bahwa mahasiswa masih dalam proses belajar, butuh pemahaman, bimbingan, arahan, dan juga wajib untuk dido'akan". Sehingga dengan hal ini akan menyampaikan dengan cara yang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun