Mohon tunggu...
KARTINI
KARTINI Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA - EKONOMI SYARI'AH

اللهم صل على سيدنا محمد و على ال سيدنا محمد (Q.S Adz-Dzariyat [ 51 ] : 56)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Sosok Dosen Yang Menginspirasi

15 November 2022   14:13 Diperbarui: 8 Januari 2023   16:17 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

KARTINI- Tentunya sebagai seorang mahasiswa sangat menginginkan sosok dosen yang memberikan inspirasi terhadap dirinya. Dalam hal memberikan teladan, dan juga motivasi yang baik bagi mahasiswa.

Karena, dari banyaknya tantangan dalam perkuliahan. Dari hal ekonomi, tugas, proses belajar, skripsi, dan pekerjaan adalah tantangan yang terakhir bagi seorang mahasiswa. Bagaimana mengamalkan ilmunya, dan terjun langsung ke masyarakat.

Dibalik berbagai tantangan, mahasiswa juga membutuhkan dukungan terbaik dari berbagai pihak. Khususnya dari orang tua, dan dosen. Untuk menyelesaikan studi nya. 

Sosok dosen yang menginspirasi akan menjadikan mahasiswa semakin bersemangat, sekaligus mengikuti segala hal baik yang dilakukan oleh dosennya. 

Sosok dosen yang memberikan teladan justru lebih menginspirasi mahasiswa. Setiap tindakannya memberikan kesan yang terbaik. Kemudian ilmu yang disampaikan sangat mudah untuk dipahami, diingat, dan juga diamalkan.

Penulis ingin menyampaikan, ciri-ciri dosen yang menginspirasi. Yang memberikan kesan kepada penulis, bahwa tugas dosen itu sangat mulia. Berdasarkan pengalaman penulis, ada beberapa hal yaitu:

1. Memiliki akhlak yang baik.

Dari segi ketulusan nya dalam mengajar. Hal ini yang menjadikan mahasiswa semakin mudah untuk memahami, mengingat, dan mengamalkan ilmunya. Kemudian, pandai dalam berinteraksi terhadap mahasiswa di saat mengajar (Misalkan: Berinteraksi seperti antara teman dengan teman sehingga tidak menjadikan mahasiswa tegang, tidak menyalahkan mahasiswa atas kesalahannya, dll).

Cakupan nya sangat luas dalam hal akhlak yang baik. Yaitu dari cara penyampaian nya, tawadhu nya, cara memperlakukan mahasiswa dengan baik (Misalkan: Merespon dengan baik, menghargai mahasiswa, tidak membebankan mahasiswa, peduli terhadap mahasiswa, dll) , memiliki kedisiplinan yang tinggi, sangat terbuka terhadap mahasiswa, sangat menerima saran dan kritik plus langsung diterapkan, memberikan dukungan terbaik untuk mahasiswanya (Misalkan: Memberikan semangat juga nasehat), dan bertanggung jawab terhadap tugasnya.

Karena, seorang dosen yang mengetahui bahwa mahasiswa mempunyai kelebihan masing-masing, dan ke pahaman  itu juga datangnya dari Allah. Serta menyadari tujuan manusia diciptakan. Dengan hal ini, tidak akan pernah berbuat dzolim kepada mahasiswa.

2. Memudahkan mahasiswa dalam menuntut ilmu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun