Mohon tunggu...
Kartika Dwi
Kartika Dwi Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

PT CP Prima Tbk, Perusahaan Akualkultur dengan Berbagai Akreditasi

25 November 2015   12:41 Diperbarui: 25 November 2015   13:32 109 0 0 Mohon Tunggu...

Akuakultur merupakan nama untuk semua jenis daerah air atau lahan basah, dimana hewan dan tanaman air dibudidayakan. Masyarakat sangat tergantung pada laut dan sumberdayanya dalam kehidupan dan mata pencaharian sebagai nelayan yang merupakan bagian dari tradisi dan budaya masyarakat kita. Ikan merupakan bagian penting dari makanan dan merupakan sumber pendapatan yang menguntungkan.

Tak hanya di daerah pantai, di daerah pedalaman pun akuakultur menyediakan ikan dan produk-produk lain seperti udang, lele, belut, kangkung, talas, teratai dan sebagainya, untuk makanan dan pendapatan. Membudidayakan ikan hanyalah salah satu bagian dari suatu sistem akuakultur yang sehat. Ada banyak faktor lain yang membantu sistem itu tetap sehat dan produktif. Tanaman air, bakteri, serangga, pepohonan dan hewan-hewan lain, semuanya memiliki peran yang penting dalam suatu sistem akuakultur.

PT Central Proteinaprima Tbk, merupakan perusahaan akuakultur terkemuka di Indonesia yang bergerak dibidang pakan dan makanan olahan. CP Prima didirikan April 1980 dan memproduksi serta memasarkan pakan budidaya perikanan, benur, probiotik dan produk udang untuk diekspor dan diual di dalam negeri.

Sebagai perusahaan besar yang memimpin pasar, tentu saja beragam penghargaan seperti itu sudah selayaknya didapat sebagai bukti konsistensi dan eksistensi CP Prima dalam sejarah pasar budidaya, pakkan, dan panganan olahan.

Dalam sejarah perjalanannya, CP Prima mendapatkan banyak akreditasi yang membanggakan seperti GMP (Good Manufacturing Practies) yang diberikan apabila produk yang ditujukan untuk digunakan atau dikonsumsi manusia adalah aman, Global GAP yaitu penghargaan yang diberikan karena CP Prima menerapkan paraktek industri yang baik dan aman, Aquaculture Certification Council untuk praktek budidaya terbaik, NBC untuk pengelolaan lingkungan fasilitas, produk, dan proses yang baik, tak ketiggalan HACCP yaitu penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang memiliki konsistensi ,ualitas produk yang aman dan sehat.

Semua akreditasi tersebut didapat karena kerja keras seluruh unit dalam menjaga mutu dan kualitas bahan pangan hingga proses produksi. Dalam bisnisnya, CP Prima mempunyai dua lini bisnis utama yakni, bisnis pakan dan pengolahan udang terpadu. Tidak hanya memimpin pasar terbesar dalam penjualan pakan, CP Prima juga menjual benur udang sebagai kesatuan dengan penjualan pakan, selain menjual makanan hewan peliharaan, probiotik, dan produk kimia untuk budidaya. Pada penhgolahan udang terpadu CP Prima menggunakan sistem pengolahan udang yang terintergrasi dengan memanfaatkan hasil panen dari sentra produksi udang yang terletak di sumatera selatan dan Lampung.

Kegiatan operasi dan produksi CP Prima memiliki sertifikat yang telah memenuhi standar dalam dan luar negeri tanpa menggunakan antibiotik, dan dapat ditelusuri sepenuhnya. CP Prima juga mendapatkan sertifikasi Global GAP pada April 2009. Dari penghargaan yang didpat, dapat kita simpulkan bahwa, CP Prima memag sebuah perusahaan dengan proses budidaya yang terintegrasi dengan baik.

Hal tersebut terbukti dari proses, kinerja, hingga banyak pengahargaan yang didapat oleh CP Prima selama 30 tahun berkiprah dan memantabkan diri sebagai perusahaan akuakultur yang terintegrasi dengan baik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x