Mohon tunggu...
Kartikawati Taufik
Kartikawati Taufik Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang Mahasiswa

Kamu itu berharga dan kamu pantas bahagia!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa Kampus Mengajar Karimun Membantu Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar

17 Oktober 2021   17:58 Diperbarui: 17 Oktober 2021   18:03 34 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kegiatan Belajar Mengajar Secara Luring

Karimun (2/6/2021) -- Kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar selama pandemi memiliki tantangan tersendiri dalam proses keberjalanannya. Di Sekolah Dasar Swasta Avava Tebing menerapkan pembelajaran tatap muka secara luring hanya 2 bulan saja dikarenakan angka penyebaran Covid-19 di Karimun meningkat kembali. Saat luring, kegiatan di ruang kelas dibagi menjadi 2 shift untuk menghindari kerumunan. 

Hal ini menyebabkan kelelahan bagi para guru dikarenakan guru di SDS 013 Avava Tebing jumlahnya terbatas dan hampir semua mata pelajaran diajar oleh wali kelas. Saat daring, pembelajaran menggunakan aplikasi Zoom. Akan tetapi terdapat beberapa siswa yang tidak bersedia mengikuti kelas melalui Zoom, sehingga wali kelas harus memberikan materi kembali melalui grup Whatsapp kelas. Oleh karena itu untuk mengurangi beban guru, kami mahasiswa membantu guru dalam pemberian materi baik secara luring maupun daring apabila guru tersebut berhalangan mengajar dikarenakan beberapa urusan.

Kegiatan Belajar Mengajar Secara Daring/dokpri
Kegiatan Belajar Mengajar Secara Daring/dokpri
Kartikawati Taufik (21) mahasiswa Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro bersama 3 rekan mahasiswa Tim Kampus Mengajar Karimun dengan latar belakang universitas dan prodi yang berbeda berkesempatan mengimplementasikan Program Kampus Mengajar yaitu "Kegiatan Mengajar". Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dimulai dari hari Senin 5 April 2021 hingga selesai program kampus mengajar angkatan 1 yang bertempat di SDS 013 Avava Tebing.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari dan bersifat kondisional apabila guru memerlukan bantuan dalam pemberian materi. Saat luring, mahasiswa mengajar langsung di depan kelas bersama para siswa dan saat daring mahasiswa mengajar menggunakan aplikasi Zoom. 

Dikarenakan mahasiswa dan siswa sudah berkenalan saat luring, sehingga tidak terdapat masalah saat pembelajaran daring. Para orang tua dan siswa sudah mahir dalam menggunakan aplikasi Zoom dikarenakan untuk beberapa waktu sebelumnya sudah pernah dilakukan di sekolah tersebut. Waktu proses belajar mengajar untuk satu pelajaran berlangsung 35-40 menit sehingga tidak ada masalah jika menggunakan Zoom yang tidak premium.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan