Mohon tunggu...
Kartika Purnamasari
Kartika Purnamasari Mohon Tunggu... Accounting

Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Akibat Pandemi, KKN UNS Dilaksanakan di Desa Sendiri

13 Juli 2020   14:39 Diperbarui: 13 Juli 2020   15:04 29 1 0 Mohon Tunggu...

Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) merecognisi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam bentuk penerjunan Relawan UNS Tanggap Wabah Wabah COVID-19. Melalui program KKN yang dijalankan, diharapkan dapat membantu pemerintah dalam memutus tali rantai penyebaran Covid-19 di domisi asli masing-masing mahasiswa.

Saya Kartika Purnamasari dari jurusan Akuntansi FEB UNS dengan NIM F0317057 mengikuti KKN ini dengan harapan dapat berkontribusi secara nyata dalam memutus tali rantai penyebaran Covid-19 di desa saya yakni Dusun Wates Tengah, Kota Magelang. Melalui Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) saya yakni Bapak Sapta Kunta, saya berkonsultasi mengenai bagaimana KKN yang sesuai dengan kondisi wilayah saya dimana sebagian besar mata pencaharian masyarakat adalah PNS dan Karyawan Swasta. Setelah berkonsultasi tentang masalah yang dihadapi, saya memutuskan untuk melakukan program KKN yang terdiri dari:

  1. Publikasi online tentang Covid-19 dan PHBS
  2. Pembuatan banner, poster, dan sticker tentang Covid-19 dan PHBS
  3. Pembuatan ember keran untuk 8 RT
  4. Penyemprotan disinfektan

dokpri
dokpri

Berdasarkan program KKN yang telah saya jalankan selama satu bulan ini dapat dikatakan berhasil. Indikator dari keberhasilan ini adalah dengan tidak adanya penambahan pasien positif yang berasal dari Wates dan pasien yang dahulu positif sekarang sudah sembuh. Sebelumnya, di Kelurahan Wates sendiri terdapat dua pasien positif.

Keberhasilan yang dicapai lainnya adalah meningkatnya pemahaman dan kewaspadaan masyarakat terhadap pandemi Covid-19. Hal ini dapat terlihat dari adanya penerapan social distancing pada masyakarat. Selain social distancing, masyarakat juga terlihat rutin memakai masker saat keluar rumah dan cuci tangan sebelum dan setelah bepergian.

VIDEO PILIHAN