Mohon tunggu...
MK
MK Mohon Tunggu... Cahaya Bintang

Saat diri dapat katakan CUKUP di saat itu dengan mudah diri ini untuk BERBAGI kepada sesama:)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Candi Borobudur Bermusik

15 Mei 2021   15:23 Diperbarui: 15 Mei 2021   16:00 38 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Candi Borobudur Bermusik
Shuttershock

Hidup tanpa musik  bagaikan nasi tanpa garam yang terasa hambar. 

Candi Borobudur yang kotak-kotak  ibarat kotak musik yang sayangnya sunyi...

Sekarang kesunyian itu telah dirobek dan dihidupkan kembali dengan daya kreatifitas anak bangsa lewat "Wonderful Indonesia, Sound of Borobudur, Borobudur Pusat Musik Dunia".

Berbagai relief candi Borobudur membuktikan bahwa seni musik sangat membudaya di setiap kehidupan sosial bangsa Indonesia abad ke-8, saat dinasti Syailendra yang tercatat sebagai penganut agama Buddha aliran Mahaya.

Dinasti itu mengabdikan kehidupan bermusik masa itu dengan mengukir berbagai alat musik di batu andesit.

Alat musik antara lain Bar-zither, Lute, Harpa, berbagai macam Gendang. Seperti Gendang tong, Gendang susun tiga, Gendang simetris, Gendang silinder, Gendang por, Gendang tanah liat. Terdapat pula Damaru, Alat pukul, Seruling, Seruling melintang, Sangkha, Terompet, Genta bertangkai, Simbal piring, dan beberapa alat musik lain, dari berbagai daerah di nusantara dan banyak negara di dunia, terukir jelas di sana. 

Bisa jadi ukiran tanpa nada itu telah menjadi sumber inspirasi komposer terkenal di jaman Renainssance dari Spanyol, Belanda, maupun Inggris seperti: Johannes Cornago, Jacob Clement non papa dan lainnya untuk menciptakan nada, melodi dan irama yang indah menggugah hati. 

Tetapi, perlu dicatat bahwa struktur candi Borodur secara filsafat merupakan tiruan alam semesta yang terdiri dari tiga tingkatan secara vertikal, yaitu Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu.

  • Kamadhatu merupakan bagian bawah candi yang melambangkan alam bawah, menggambarkan perilaku manusia yang masih terikat oleh nafsu duniawi (tempat manusia biasa).
  • Rupadhatu merupakan bagian tengah candi yang melambangkan alam antara, menggambarkan perilaku manusia yang sudah mulai meninggalkan keinginan duniawi, akan tetapi masih terikat oleh dunia nyata.
  • Arupadhatu merupakan bagian atas candi yang melambangkan alam atas, tempat para dewa. Simbol dari unsur tak berwujud dan sebagai tanda tingkatan yang telah meninggalkan nafsu duniawi.

Filsafat itu adalah gambaran proses kehidupan manusia segala bangsa, ras, dan agama hingga kini. Musik pun identik mampu melintasi batas suku, agama, ras, dan antar golongan.

Gendang merupakan alat musik yang mudah dibuat oleh umat manusia sehingga mudah ditemui di belahan dunia mana pun. 

Bunyinya yang keras ketika dipukul keras membuat gendang biasa dipakai untuk acara yang hiruk-pikuk. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x