Mohon tunggu...
Kartika IndahWahyuni
Kartika IndahWahyuni Mohon Tunggu... Seniman - Universitas Negeri Malang

membagikan hal-hal yang mungkin bermanfaat bagi anda

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang Adakan Sosialisasi Literasi Mitigasi Gempa Bumi di SD Negeri 4 Kedoyo

3 Oktober 2022   14:13 Diperbarui: 3 Oktober 2022   14:27 87 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosialiasi Mitigasi Bencana Bersama siswa-Siswi SD Negeri 4 Kedoyo

Tim pengabdian kepada masyarakan Universitas Negeri Malang (UM) berhasil melakukan kegiatan sosialisasi mitigasi gempa bumi untuk siswa SD Negeri 4 Kedoyo, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum'at, 30 September 2022 yang diikuti oleh siswa-siswi kelas IV hingga VI sebagai peserta kegiatan.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian civitas akademika UM yang melihat pentingnya edukasi mitigasi gempa bumi, terutama bagi siswa dan guru sekolah dasar. Namun, masih sedikit sekolah yang memberikan fasilitas mitigasi bencana, seperti SD Negeri 4 Kedoyo.

Bentuk dari kegiatan pengabdian ini berupa pemberian materi dan terkait kebencanaan, mitigasi bencana, dan simulasi tanggap bencana ketika di sekolah. Edukasi seperti ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting agar guru dan siswa memiliki persiapan dalam menghadapi bencana gempa bumi secara tiba-tiba, baik gempa bumi yang akan datang, saat datang, dan pasca terjadinya gempa bumi apalagi daerah tersebut merupakan daerah yang rawan terjadi gempa bumi.

Simulasi Mitigasi Gempa Bumi di Titik Kumpul/Assembly Point
Simulasi Mitigasi Gempa Bumi di Titik Kumpul/Assembly Point

Kepala SD Negeri 4 Kedoyo yang menjadi mitra pengabdian ini mengaku merasa terbantu dan senang akan adanya pelaksanaan kegiatan semacam ini. "Saya merasa berterima kasih kepada Tim Pengabdian UM yang berkenan untuk melaksanakan programnya di SD kami. Saya harap, apa yang telah diberikan, dapat bermanfaat bagi siswa dan guru di sini" tandasnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan