Mohon tunggu...
Karresa Esa
Karresa Esa Mohon Tunggu... Semakin tinggi ilmu kita, semakin tawadhu

Lahir dan besar di Bontang, Kaltim dan pernah kuliah di Sleman, Yogyakarta.. Id Facebook : Karresa Kar Id Instagram : @Karresa blog : https://duniapenablog.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Politik

Seputar tentang Konsultan Politik

7 Juli 2020   11:11 Diperbarui: 7 Juli 2020   11:35 118 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seputar tentang Konsultan Politik
20161117-is-creative-blogpost-design-cover650x650-5f03fb90d541df19cf683922.jpg

Sumber Gambar : https://brankasbro.id/6-langkah-cara-kerja-konsultan-politik/

Konsultan politik pada dasarnya adalah Individu atau Lembaga yang melakukan pendampingan kepada seorang kandidat untuk memenangkan kompetisi politik di dalam sebuah pemilu. Tugas yang meliputi profesi seorang konsultan politik adalah dia membantu membentuk personal branding kandidat sehingga kandidat mendapatkan posisi tertentu dan mendapatkan tingkat popularitas dan elektabilitas tertentu. Dia juga bisa membantu kandidat untuk memastikan dapat bertarung, artinya kandidat dapat berubah dari Bakal Calon (Balon) menjadi Calon, dimana syarat-syarat melalui partai politik atau melalui jalur independen dapat dipenuhi.

Kompleksitas tugas konsultan politik adalah Berawal dari jasa survei dan kebutuhan data kuantitatif yang diperlukan oleh para calon untuk melihat popularitasnya, kini jasa konsultan politik mulai berkembang menjadi all in one service'. Kerja mereka pada akhirnya didasari oleh kebutuhan tiap-tiap calon yang dipengaruhi kompleksitas panggung politik. Menentukan strategi pemenangan, melakukan pemetaan, branding, membaca sentimen publik, hingga membangun opini publik jadi jasa yang ditawarkan para konsultan politik. Sebenarnya, konsep dasar jasa konsultan politik ini enggak jauh dengan agensi komunikasi pada umumnya.

Tugas lainnya adalah konsultan politik juga melakukan political mapping dan identifikasi yang tepat terhadap daerah kandidat, diri kandidat, kompetitor kandidat dan konstituen kandidat sehingga kedepannya kandidat bisa menyusun strategi yang tepat, tentu saja strategi yang tepat meliputi banyak hal yaitu dapat berupa serangan darat, serangan udara, juga dapat berupa hubungan dengan media,  dapat juga berupa public relation yang tepat bahkan seorang konsultan politik tugasnya juga dapat meliputi melakukan manajemen relawan, manajemen timses, manajemen saksi. Kegiatan tersebut bukan hal yang mudah karena menyangkut ratusan bahkan ribuan orang anggota timses atau relawan kandidat.

Tugas lain dari konsultan politik yang dapat berlanjut setelah pencoblosan adalah melakakukan pendampingan legal atau pendampingan hukum apabila terjadi konflik terhadap hasil pemilu. Misalnya konflik tersebut dilanjutkan ke bawaslu bahkan sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK). Itu adalah sebagian besar tugas konsultan politik. Tentu saja, setiap Individu dan lembaga konsultan politik memiliki spesialisasi, spesifikasi yang berbeda - beda dan Ini lah yang akan ditawarkan oleh konsultan politik kepada anda yang akan menjadi calon kandidatnya.

Selanjutnya, ada plus minus dalam memakai jasa konsultan politik. Dari kelebihannya dulu antara lain :

1. Dengan menggunakan jasa konsultan politik, anda dapat dibantu merumuskan grand strategy kemenangan anda secara obyektif dan sistematis. Disini konsultan politik akan memberikan tahapan-tahapan yang anda lakukan bersama dengan timelinenya mulai dari awal hingga akhir kemenangan anda.

2. Dia bisa membantu anda mencari solusi praktis atas permasalahan anda dan timses anda di lapangan. Konsultan politik memiliki keterampilan, pengetahuan dan pengalaman yang cukup banyak dan cukup mumpuni.

3. Konsultan politik membuat pemetaan politik yang objektif. Konsultan politik dapat menjadi sparing partner bagi anda untuk melakukan pemetaan politik dan penyusunan strategi yang objektif. Hal ini perlu saya garis bawahi, karena bila anda hanya berkumpul dengan timses anda saja, maka pemetaan politik maupun rencana strategi yang akan dilakukan cenderung lebih subjektif. Dengan masuknya konsultan politik yang notabene dari luar lingkungan anda maka strategi itu akan diljalankan dengan tepat karena mendapatkan pandangan yang lebih objektif dari luar.

Nah, diatas adalah plus poin nya. Sekarang adalah minus poinnya.

1. Bertambahnya biaya pemenangan. Karena konsultan politik tidak bekerja secara gratis, mereka bekerja secara profesional. Mereka memberikan pengalaman, keterampilan, pengetahuan mereka untuk membantu anda. Berarti anda harus mengeluarkan jumlah uang tertentu. Tetapi, menjadi catatan bagi saya juga, bahwa mengeluarkan jumlah uang tertentu kepada para konsultan politik, sebetulnya secara jangka panjang atau secara keseluruhan mungkin justru menghemat pengeluaran anda. Karena anda bisa diberikan saran untuk menjalankan langkah-langkah yang terukur saja yaitu langkah-langkah yang efektif dan efisien. Tentu saja dari pengetahuan dan pengalaman dia sebagai konsultan politik.

2. Minus poin kedua, bila anda bertemu atau berhadapan dengan konsultan politik yang kurang atau tidak bertanggung jawab seperti mereka hanya mengincar uang anda, logistik anda saja. Biasanya konsultan politik seperti itu pasti memberikan janji-janji manis diawal tanpa memberikan informasi program-program kerjanya untuk memenangkan para kandidat. Kata-kata konsultan politik seperti ini, biasanya mereka mengatakan, "pokoknya semua beres pak, kami yang akan mengerjakan semuanya, bapak pokok nya tinggal tenang, bapak siapkan baju terbaik untuk pelantikan dan bapak juga siapkan pidato kemenangan." Jika kita mendengar kata-kata tersebut tampak manis sekali, tapi hati-hati, biasanya mereka yang sering mengucapkan kata-kata tersebut, mengucapkan janji-janji manis tanpa memperlihatkan programnya, tanpa memperlihatkan bagaimana strateginya bahkan tanpa melibatkan anda sendiri di dalam programnya. Jadi, hati-hati dengan poin kedua ini.

Setelah membaca plus dan minus memakai jasa konsultan politik, bagaimana menurut anda ? Jika anda memutuskan untuk memakai jasa konsultan politik, Disini saya akan memberikan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut :

1. Cek rekam jejak, portofolio konsultan politik.
Anda bisa mencari di google, mencari informasi di sekitar anda, bahkan anda bisa juga bertanya dengan orang yang pernah memakai jasa konsultan tersebut. Jangan pernah merekrut konsultan politik tanpa mengetahui latar belakang mereka atau tanpa rekomendasi dari orang-orang yang anda percayai.

2. Bertambahnya biaya pemenangan
Ada biaya yang harus anda keluarkan bila anda ingin menyewa jasa seorang konsultan politik. Mereka yang sudah memiliki portofolio yang lengkap dan komprehensif, biasanya secata automatis memiliki tarif yang cukup mahal. Mereka sudah memiliki klien yang high class, mulai dari Bupati, Walikota, Gubernur bahkan mereka terlibat dalam pemilihan Presiden. Nah, biasanya mereka yang sudah mempunyai portofolio bagus ini memiliki biaya yang cukup tinggi. Bila anda tidak memiliki dana yang cukup besar untuk merekrut konsultan-konsultan politik yang sudah ternama tersebut, anda bisa cari konsultan-konsultan politik di level menengah atau di level lokal yang bisa disesuaikan dengan anggaran anda, karena perlu di ingat jasa konsultan politik hanya pengeluaran kecil saja dari keseluruhan pengeluaran anda yang sangat besar nantinya. Jadi jangan over spend, jangan belanja berlebihan atau memberikan insentif terlalu besar untuk konsultan politik, karena pengeluaran yang sangat besar itu nanti di operasional. Maka dari itu, pertimbangkan yang terbaik dengan melihat kepada budget anda sendiri.

3. Program apa saja yang ditawarkan Konsultan Politik
Anda harus cek program-program apa yang mereka tawarkan, program-program seperti apa yang mereka bisa jalankan dalam konteks pendampingan terhadap anda. Artinya diawal saya sudah tuliskan mengenai tugas-tugas seorang konsultan, biasanya konsultan bisa mengambil paket yang full atau komprehensif, tapi ada juga konsultan-konsultan yang mengambil sebagian paket atau paket-paket tertentu saja. Ini disesuaikan oleh spesialisasi mereka dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan anda sebagai kandidat. Jadi program-program ini perlu dianalisis atau di cek bersama, mana yang anda bisa lakukan dan mana yang dia bisa lakukan.

Semoga Bermanfaat buat pembaca.

VIDEO PILIHAN