Mohon tunggu...
Karla Wulaniyati
Karla Wulaniyati Mohon Tunggu... Lainnya - Senang Membaca dan (Kadang-kadang) Menulis

Let the beauty of what you love be what you do (Rumi)

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Pesona Kepemimpinan, Memilih Presiden Terbaik Negeri Ini

21 September 2023   14:21 Diperbarui: 24 September 2023   07:15 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Judul artikelnya buat saya cukup berat mengingat kemampuan saya membuat artikel kategori politik masih jongkok bahkan tiarap. 

Tapi setidaknya saya akan tuliskan saja secara umum apa yang menjadi dasar keikutsertaan saya sebagai warga negara yang baik dalam memilih pemimpin negeri ini saat pemilihan presiden 2024 nanti.

Sebelumnya saya akan menuliskan penyebab saya tidak suka mencermati politik, alasannya adalah karena biasanya nanti saya akan sering melontarkan kata, "Loh kok, loh kok",  padahal semua bakal calon presiden memperlihatkan gagasan yang benar saat kampanye walaupun kalo menurut saya kebenaran itu relative karena suka disusupi kepentingan dibandingkan kebaikan yang lebih bersifat universal.

Secara ideal ada kriteria bagi seorang presiden sebagai pemimpin dimana dengan kriteria ini akan memperlihatkan pesona kepemimpinanya selama memimpin negeri ini saat terpilih nanti.

Kriteria ideal untuk memilih seorang presiden dapat bervariasi tergantung pada nilai-nilai dan kebutuhan masyarakanya. Namun, beberapa kriteria umum yang sering dicari dalam diri seorang presiden yang saya dapat dari beberapa artikel diantaranya:

1. Integritas: Presiden harus memiliki integritas tinggi dan moralitas yang kuat. Masyarakat ingin mempercayai pemimpin mereka.

2. Kompetensi: Presiden harus memiliki pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan yang cukup dalam bidang pemerintahan dan kepemimpinan.

3. Visi dan Rencana: Seorang presiden harus memiliki visi yang jelas untuk negara dan rencana konkret untuk mencapai tujuan tersebut.

4. Kepemimpinan yang Kuat: Kemampuan untuk memimpin, mengambil keputusan yang sulit, dan mengatasi krisis adalah hal yang sangat penting.

5. Kemampuan Berkomunikasi: Presiden harus dapat berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat, berbicara mengenai kebijakan dan tindakan pemerintah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun