Mohon tunggu...
Karla Mahardika
Karla Mahardika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa tingkat 3 Universitas Pendidikan Indonesia Kamda Tasikmalaya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tingkatkan Minat Baca Saat Blended Learning, Mahasiswa KKN UPI Kamda Tasikmalaya Dirikan Pojok Baca di RA AL-HUDA dan Berkolaborasi dengan @Jejak_Kaqi

3 Agustus 2021   02:52 Diperbarui: 3 Agustus 2021   03:03 135 1 0 Mohon Tunggu...

Pandemic Covid-19 saat ini mengakibatkan banyaknya perubahan di berbagai sektor salah satunya yaitu di bidang Pendidikan. Perubahan kegiatan pembelajaran tatap muka menjadi tatap maya ataupun blended learning pasti akan memengaruhi berbagai hal, contohnya dalam perbedaan penggunaan media pembelajaran. Banyak media pembelajaran yang bisa digunakan saat pembelajaran tatap muka saja tapi tidak bisa digunakan saat tatap maya.

Beberapa orang kurang setuju dengan sistem pembelajaran online khususnya para orang tua karena beberapa hal seperti sibuknya bekerja, kurangnya pengetahuan orang tua mengenai teknologi, kendala sinyal dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, RA Al-Huda memutuskan untuk melakukan metode Blended Learning dengan percobaan bulan pertama tiga hari tatap muka dan tiga hari tatap maya. Annisa dalam Widiara (2018: 52) menyatakan “Blended learning merupakan suatu sistem belajar yang memadukan antara belajar secara face to face (bertatap muka/klasikal) dengan belajar secara online (melalui penggunaan fasilitas/media internet)”.

Untuk mengefektifkan tiga hari tatap muka, saya meminta izin kepada guru untuk membuat “pojok baca” dibantu oleh @jejak_kaqi serta menyediakan buku cerita bergambar dan APE untuk kelas B yang bertujuan untuk membangkitkan minat anak dalam membaca di tahun-tahun yang akan datang. 

Menurut Prasetyono (2008) menyatakan bahwa minat dan kebiasaan membaca perlu dipupuk,  dibina  dan  dikembangkan  sejak  dini karena  perkembangan  kemampuan  anak  tergantung pada pengalaman yang dilaluinya  diusia enam  tahun pertama, dimana minat baca mempengaruhi  perilaku bacanya sepanjang hidupnya. Salah satu upaya dalam membangkitkan minat baca anak yaitu melalui literasi baca berbasis pojok baca kelas.

Sebelum

DOKPRI
DOKPRI
Sesudah

DOKPRI
DOKPRI

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN