Mohon tunggu...
Karizal Tri Sabana
Karizal Tri Sabana Mohon Tunggu... Karizalts

Pembelajar Journalist CP : 082295374422 @karizal_sabana

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sopan Santun dalam Berbahasa adalah Cerminan Karakter Kita

29 April 2020   19:31 Diperbarui: 29 April 2020   19:40 656 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sopan Santun dalam Berbahasa adalah Cerminan Karakter Kita
Santun Berbahasa (pies.co.id)


Bahasa merupakan kemampuan bertutur kata atau sebuah sistem berkomunikasi yang dipergunakan manusia untuk berinteraksi dengan manusia yang lainnya sehingga dapat saling bekerja sama sebagai makhluk sosial. Selain untuk sarana berkomunikasi bahasa juga memiliki banyak sekali fungsi yang lainnya, seperti salah satu contoh bahasa bisa di jadikan sebagai identitas suatu kelompok.

Dalam artikel ini saya akan mencoba sedikit memaparkan mengenai bagaimana kita menjadikan diri kita lebih unggul dalam berbahasa, sehingga tercipta karakter yang baik. Sopan santun dalam berbahasa bersifat relatif, dalam hal mana di berbagai daerah di Indonesia pastinya akan berbeda-beda. 

Di negara yang terkenal dengan keramah-tamahannya ini tentunya kita harus selalu menjaga sejarah bangsa yang mencakup nilai-nilai positif yang dicerminkan dalam perilaku dan perbuatan positif, seperti halnya kita harus selalu mengimplementasikan norma kesopanan baik dalam cara berbicara, cara berpakaian, cara memperlakukan orang lain, dan cara mengekspresikan diri dimanapun dan kapanpun. Sebab dewasa ini, sikap demikian sudah mulai luntur dan jarang sekali kita temui.

1.     BAGAIMAN AKITA BERBICARA

Dalam kehidupan yang kita jalani tentu akan senantiasa terjadi interaksi sosial. Jadi, dengan demikian kita tidak akan terlepas dari yang namanya berbicara, untuk itu dalam cara berbicara kita harus memperhatikan beberapa hal diantaranya:

*        Tersenyum

Tersenyum bisa kita artikan sebagai ekspresi perasaan positif. baik itu cinta, syukur, kegembiraan, semangat, antusiasme dan kepuasan. Karena dengan tersenyum, seseorang akan merasa di hargai atas apa yang mereka sampaikan, dan seseorang itu merasa bahwa apa yang dia sampaikan di tanggapi oleh kita.

*        Usahakanberkonsentrasi 

Terkadang kita mengabaikan apa yang sedang orang lain sampaikan. Hal itu disebabkan karena kita merasa jenuh dan bosan. Selain itu juga telah menjadi kebiasaan saat kehabisan bahan pembicaraan yang harus disampaikan, apalagi dengan orang tua mereka cenderung gampang tersinggung. Jadi kita harus berkonsentrasi dan memperhatikan orang lain.

*        Nada bicara yang sewajarnya

Saat berbicara dengan orang yanglebih tua janganlah kita menggunakan nada bicara yang tinggi, karena itu bisa diartikan mereka dengan kita menentang. Walaupun kita harus mengatur nada dalam berbicara namun kita harus tetap tegas dan konsisten dalam menyampaikan ide dan gagasan.

*        Menatap mata dan memperhatikan orang yang sedang berbicara

Apabila berbicara dengan orang yang lebih tua selayaknya kita harus memperhatikan, namun kita tidak boleh terlalu sering menatap matanya secara berlebihan, kita harus menundukan pandangan kita, karena mereka akan menganggap bahwa kita berani kepada mereka, kemudian janganlah kita memotong atau mengalihkan pembicaraan mereka.

*        Gestur atau bahasa tubuh

Jangan sekali-kali kita menggunakan jari telunjuk kita untuk menunjuk sesuatu saat berbicara dengan yang lebih tua, karena itu akan dianggap tidak sopan, cobalah untuk memberikan bahasa tubuh yang wajar yang dapat membuat lawan bicara kita merasa yakin terhadap kita.


2.     BAGAIMANA KITA BERPAKAIAN

Dalam berpakaian kita harus memperhatikan aspek-aspek sebagai berikut:

*        Pakaian yang baik

Kita harus memperhatikan syarat-syarat berpakaian yang sesuai dengan adab dan akhlak budaya kita yaitu yang dapat menutup aurat, baik bagi perempuan maupun laki-laki, karena ini merupakan cerminan bangsa yang baik.

*        Gunakan pakaian yang bersih

Berpakaian yang bersih dan rapi sudah seharusnya kita lakukan, karena dengan kita berpakaian yang rapih akan membuat orang lain senang dalam melihatnya, dan berpakaian rapi dan bersih merupakan cerminan seseorang yang berkarakter.

*        Berpakaian dengan selayaknya

Kita harus berpakaian sesuai dengan apa yang seharusnya, janganlah kita mengenakan pakaian yang menyerupai laki-laki ataupun perempuan, karena itu bisa merusak karakter bangsa.


3.     BAGAIMANA KITA MEMPERLAKUKAN ORANG LAIN DENGAN RASA HORMAT

Dalam memperlakukan orang lain tentunya kita harus senantiasa bersahaja dan memberikan rasa hormat kepada mereka, adapun cara memperlakukan orang lain dengan tindakan sebagai berikut :


*        Hormatilah diri sendiri

Mengapa kita harus menghormati diri sendiri, karena sebenarnya kita harus menghormati orang lain seperti kita ingin dihormati.

*        Dengarkan dan perhatikan mereka 

Belajarlah kita untukbersungguh-sungguh dalam hal mendengarkan dan memperhatikan apa yang orang lain sampaikan.

*        Tanggapilah gagasan orang lain dengan penuh perhatian

Kita harus mendengarkan gagasan-gagasan, pendapat dan nasihat dari orang lain dengan pikiran yang terbuka, sebenarnya jika negatif kita tidak harus setuju dengan apa yang mereka sampaikan, namun tetap berikanlah tanggapan yang positif untuk memikirkan apa yang mereka katakan.

*        Jangan mengganggu waktu keleluasaan pribadi orang lain

Janganlah kita sering mengganggu apaurusan pribadi seseorang, karena mereka akan merasa bahwa kita mencampuri urusan mereka.

*        Pertimbangkanlahkata-kata

Berhati-hatilah kita dalam berkata, pikirkanlah terlebih dahulu apa yang akan kita katakan, karena bisa jadi apa yang kita katakan bisa menyakiti hati mereka.

*        Budayakanlah perilaku yang baik

Budayakanlah tersenyum, saling bertegur sapa, sehingga itu akan membentuk karakter yang akan mempererat persatuan bangsa.

Dengan apa yang saya sampaikan dalam artikel ini semoga bisa bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari demi memenuhi apa yang dibutuhkan oleh bangsa ini, yaitu unggulnya karakter dan kepribadian bangsa Indonesia. tingkatkan selalu kedisiplinan, keramah tamahan sebagaimana telah di contohkan oleh para leluhur bangsa kita supaya kita dapat membuktikan kepada dunia bahwa kita bisa bersaing dalam prestasi global yang diawali dengan pembentukan karakter melalui bahasa yang komunikatif dan santun.

VIDEO PILIHAN