Mohon tunggu...
Karizal Tri Sabana
Karizal Tri Sabana Mohon Tunggu... Karizalts

Pembelajar Journalist CP : 082295374422 @karizal_sabana

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Silahturahmi Forsalim Kota Banjar dengan BMKA Salman ITB dalam Acara SPECTRA 5.0

5 Februari 2020   09:08 Diperbarui: 6 April 2020   09:41 13 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Silahturahmi Forsalim Kota Banjar dengan BMKA Salman ITB dalam Acara SPECTRA 5.0
Foto arsip kegiatan Acara SPECTRA 5.0




"Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturrahmi." (HR.Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557)

Pada hari Sabtu (30/11/2019), beberapa aktivis dari BMKA Masjid Salman ITB melakukan kunjungan ke Kota Banjar Jawa Barat. Tujuan mereka mengunjungi Kota Banjar adalah untuk melaksanakan survey mengenai kegiatan SPECTRA yang akan dilaksanakan di Kota Banjar pada akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020. 

            Atas izin Allah dan melalui salah satu anggota Forsalim yang aktif di salah satu Unit Masjid Salman ITB, akhirnya kami di pertemukan antara BMKA Salman ITB dengan Forsalim SMAN 1Banjar. Forsalim sangat menyambut hangat tamu istimewanya, terlebih ini merupakan silahturahim ketiga dan juga kunjungan pertama Salman ITB ke Forsalim, karena sebelumnya Forsalim sudah pernah melakukan kunjungan dua kali pada tahun 2014 dan 2019 dalam rangka Studi Banding KAF. 

Kedatangan mereka ke Kota Banjar tentunya bukan tiada maksud dan tujuan. Mereka meminta bantuan kepada Forsalim untuk menjadi mitra dan membantu dari mulai survey lapangan, fasilitas, hingga pelaksanaan kegiatan. BMKA Salman ITB akan melaksanakan kegiatan Kaderisasi Lanjutan yakni SPECTRA untuk para aktivisnya. Kegiatan yang sudah berjalan selama lima kali ini terinspirasi dari tokoh-tokoh muslim yang sangat luar biasa seperti Umar Abdul Aziz, Salman Al -- Farisi, dan Muhammad Al -- Fatih.  


Foto arsip kegiatan Acara SPECTRA 5.0
Foto arsip kegiatan Acara SPECTRA 5.0

Setelah melaksanakan koordinasi antara BMKA Salman dengan Forsalim dan mempertimbangkan beberapa aspek, maka Forsalim memberikan rekomendasi Desa Binaan Forsalim yakni Waringinsari dan juga Situ Leutik sebagai tempat kegiatan SPECTRA di Kota Banjar.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 9 hari 8 malam pada tanggal 26 Desember 2019 sampai 3 Januari 2020 di Tasikmalaya dan Kota Banjar, para kader Salman diajak untuk mengembara dan belajar dari guru hidup, guru alam, dan guru ilmu guna menuju satu cita-cita akhir terkait peradaban Islam. Melalui kegiatan tersebut, Para kader diharapkan dapat menjadi kader yang kuat, tangguh, mampu bertahan hidup (survival & entrepreneurial) dalam segala kondisi dengan tetap berpegang teguh pada aspek spiritualitas. 

            Selain itu dengan hadirnya BMKA Salman ITB di Kota Banjar, Forsalim sangat bersyukur dan mengapresiasi kegiatan tersebut. dengan keterlibatan Forsalim dalam kegiatan tersebut, Forsalim mendapatkan banyak sekali benefit di bidang organisasi bagi setiap anggotanya. Forsalim berharap silahturahim antara Masjid Salman ITB dengan Forsalim akan terus terjalin dengan baik.

VIDEO PILIHAN