Mohon tunggu...
karisma safitri
karisma safitri Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa Prodi Management FEB Universitas Muhammadiyah Malang 2020

siap

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penjualan Produk Kesehatan Secara Global di Era Pandemi Covid-19

20 Januari 2021   22:44 Diperbarui: 20 Januari 2021   23:01 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

         

NAMA : KARISMA FITRI NOVIANA/202010160311344

KELAS : MANAJEMEN G

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini mau tidak mau memberikan dampak terhadapberbagai sektor. Pada tataran ekonomi global, pandemi COVID-19 memberikan dampak yang sangat signifikan pada perekonomian domestik negara-bangsa dan keberadaan UMKM. Laporan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) menyebutkan bahwa pandemi ini berimplikasi terhadap ancaman krisis ekonomi besar yang ditandai dengan terhentinya aktivitas produksi di banyak negara, jatuhnya tingkat konsumsi masyarakat, hilangnya kepercayaan konsumen, jatuhnya bursa saham yang pada akhirnya mengarah kepada ketidakpastian. Jika hal ini berlanjut, OECD memprediksi akan terjadi penurunan tingkat output antara seperlima hingga seperempat di banyak negara, dengan pengeluaran konsumen berpotensi turun sekitar sepertiga.

Dalam situasi pandemi ini, menurut KemenkopUKM ada sekitar 37.000 UMKM yang memberikan laporan bahwa mereka terdampak sangat serius dengan adanya pandemi ini ditandai dengan: sekitar 56 persen melaporkan terjadi penurunan penjualan, 22 persen melaporkan
permasalahan pada aspek pembiayaan, 15 persen melaporkan pada masalah distribusi barang, dan 4 persen melaporkan kesulitan mendapatkan bahan baku mentah.6 Masalah-masalah diatas juga semakin meluas jika dikaitkan dengan adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di beberapa wilayah di Indonesia.

         pembisnis UMKM pun harus putar otak dan mencari cara untuk bisa memasarkan produk mereka kepada konsumen.

Kenaikan Penjualan Produk Kesehatan  

 Meskipun banyak sektor bisnis yang menurun diera pandemi saat ini namun, ada beberapa sektor yang berpotensi stabil bahkan mengalami kenaikan. Salah satunya yaitu produk kesehatan. Hal ini dikarenakan kesehatan menjadi prioritas utama masyarakat saat masa pandemi COVID-19 sehingga produk makanan dan minuman sehat kaya gizi seperti susu, suplemen, dan obat obatan lainya menjadi hal yang paling dicari oleh konsumen selain produk-produk kebutuhan seperti sabun, tisu atau pembersih.

Selain itu, Masker dan Hand Sanitizer adalah produk yang paling dicari dan bahkan sempat mengalami kelangkaan, banyak pihak yang membeli bahkan memborong (menimbun) produk tersebut. Hal ini dikarenakan penggunaan masker dan hand sanitizer sangat diwajibkan saat ini. Bahkan sekarang ini ada sanksi bagi kita keluar yang  tanpa memakai masker.

     Pemanfaatan Produk Digital/Pentingnya Digital Marketing  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun