Mohon tunggu...
Karisma Sabilla Kristalina
Karisma Sabilla Kristalina Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hi there!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Membantu Pembelajaran Siswa ditengah Pandemi dan Supporting Pemahaman Masyarakat tentang COVID-19

14 Juli 2020   06:55 Diperbarui: 14 Juli 2020   06:44 18 0 0 Mohon Tunggu...

Surakarta - 1 Juli 2020. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang tanggap akan adanya wabah COVID-19 ini, dikarenakan hal ini UNS membuat program kegiatan yang tidak biasa yaitu KKN UNS Tanggap Wabah Corona. KKN yang biasanya dilaksanakan di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) dan berkelompok, kini dilakukan secara individual di daerah tempat tinggalnya masing -- masing. Pada awalnya hanya dibuka untuk 1 Batch karena ditakutkan akan sedikitnya mahasiswa yang minat, tetapi pada akhirnya di buka juga untuk Batch 2 yang ternyata jumlahnya melebihi target 1000 mahasiswa. Penarikan KKN Batch 2 sendiri sudah dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2020 yang berarti sudah selesai juga KKN untuk Periode ini. Kemudian akan dibuka juga untuk Batch 3 tetapi belum di umumkan untuk tanggal resminya.
 
Salah satu mahasiswa yang mengikuti KKN COVID Batch 2 adalah Karisma Sabilla Kristalina Mahasiswa Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Angkatan 2017. Karisma telah menyelesaikan kegiatan KKN COVID ini dengan tema besar tentang Pendidikan di daerah tempat tinggalnya sendiri yaitu di Ngadisono RT 01 RW 02, Kelurahan Joglo, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kegiatan KKN COVID ini dimulai dari tanggal 15 Mei 2020 -- 30 Juni 2020. Pada tanggal 14 dan 15 Mei 2020 sendiri sudah diadakan Pembekalan untuk keberjalanan selama KKN COVID ini.  
 
Karisma mempunyai beberapa program kerja, yang pertama yaitu Pendampingan pembelajaran anak usia sekolah secara online, tetapi pada saat dilaksanakan KKN ini adalah masa anak -- anak sekolah untuk linur semester, sehingga tidak akan ada pertanyaan yang akan ditanyakan oleh anak -- anak sekolah. Jadi, agar program kerja ini tidak gagal, maka dilaksanakan belajar bersama untuk anak -- anak Sekolah Dasar tetapi secara langsung yang meruapakan hasil diskusi dengan Bapak RT. Program ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol yang ada yaitu selama kegiatan berlangsung tetap menggunakan masker. Karisma juga memisahkan untuk setiap kelas, kelas 3 dilaksanakan setiap hari Jumat, Sabtu untuk kelas 4, dan Minggu untuk kelas 5. Kegiatan belajar bersama ini dilaksanakan dari minggu ke-1 bulan Juni sampai dengan minggu ke-4 bulan Juni. Program kerja yang kedua yaitu, Pembuatan Tutorial Masker yang sudah di upload di Youtube KKN UNS NGADISONO pada tanggal 17 Juni 2020. Kemudian perogarma kerja ketiga yaitu Pemberian Ember dan Sabun Cuci Tangan kepada masyarakat Ngadisono. Penyerahan ember sendiri sudah dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2020 kepada perwakilan warga yaitu Bapak RT yang nantinya ember -- ember ini akan ditempatkan di 4 titik yaitu pada blok utara, blok selatan, blok tengah, dan didepan rumah Pak RT. Selanjutnya untuk program kerja keempat yaitu pemberian bahan masker kepada ibu-ibu dawis yang diwakilkan oleh Ibu RT pada tanggal 24 Juni 2020, kemudian setelah itu diadakan pelatihan pembuatan masker pada tanggal 25 Juni 2020 untuk ibu -- ibu dawis. Dan untuk program kerja yang teakhir yaitu pembuatan Instagram yang berfungsi untuk meng-update sesuatu yang berhubungan dengan COVID-19 dan kegiatan KKN ini sendiri. Instagram ini tidak dijalankan sendiri oleh Karisma, tetapi juga bersama dengan temannya yaitu Imma Rafiana. Instagram dengan username @kknuns_ngadisono tersebut pertama kali update pada tanggal 19 Mei 2020 dan terakhir upload konten pada tanggal 29 Juni 2020.

VIDEO PILIHAN