Mohon tunggu...
Hiburan

Dunia Tanpa Musik?

7 September 2015   21:25 Diperbarui: 7 September 2015   21:33 0 4 1 Mohon Tunggu...

Apa yang muncul di benak kalian jika mendengar dunia tanpa musik?

Mungkin sebagian besar dari kalian menjawab, dunia tanpa musik itu mati, hampa, suram. Ibarat seperti, pulpen tanpa tinta atau tungku tanpa arang. Mengapa? Alasannya cukup sederhana, karena musik sendiri telah menjadi objek pelengkap hidup bahkan telah menjadi salah satu elemen penting bagi manusia seperti halnya ada orang berkata bahwa "Music is my life".

Hanya dengan nada, kata-kata, irama akan membuat suatu harmonisasi yang indah dan menjadi suatu musik yang disuguhkan untuk dinikmati bagi mereka para pencinta musik.  

 

               

Berbagai hal dari musik dapat kita lakukan seperti mengaransemen lagu, menciptakan suatu lagu, memainkan alat musik, menyanyi atau hanya sekedar penikmat alias pendengar musik. Hal tersebut menjadi suatu tanda apresiasi suatu karya musik. Tidak ada yang dapat menghambat mereka yang ingin berkarya di dunia music karena siapapun bebas untuk mengekspresikannya. Terbukti bahwa sekarang mulai banyak genre mulai dari classic sampai electro yang terdengar pada abad ini yang artinya sendiri musik telah mengalami peralihan dan terus berkembang di khalayak masyarakat.

Tidak hanya musik di daerah Barat yang mengalami perkembangan tetapi sekarang ini wilayah Asia (termasuk Indonesia) telah mengalami perkembangan musik yang sangat baik. Banyak yang unik tentang musik seperti halnya lirik lagu bisa beragam bahasa dan lantunan ritme yang berbeda-beda. Itulah menjadi ciri khasnya musik itu. Banyak lirik-lirik lagu menceritakan tentang kejenakaan, kritik atau perasaan masing-masing individu. 

Musik sendiri muncul karena mampu mencairkan suasana, merelaksasi hati dan menstimulasi pikiran manusia sebagai pemeran cerita kehidupan. Banyak manfaat musik mulai dari menjaga kesehatan karena musik bersifat terapeutik (menyembuhkan), meningkatkan intelegensi karena rangsangan ritmis mampu meningkatkan fungsi kerja otak yang artinya mencegah kepikunan, mengubah suasana hati dan kondisi emosi, dan alat komunikasi.

Musik sangat teristimewa bukan dalam hidup kita? Bahkan manfaat musik sangat menarik. Siapapun mereka tidak ada hak untuk membatasi dunia musik ini. Apa jadinya ya jika tidak ada musik? Mungkin hidup yang kita jalani akan menjadi tidak menarik, tidak bermakna dan berwarna. Karena sesungguhnya dalam diri kita terdapat jiwa yang butuh suatu ketenangan dan hiburan.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x