Mohon tunggu...
karina putri
karina putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya adalah mahasiswa psikologi universitas diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Undip Memperkenalkan Pentingnya Keluarga PEKA, Apa Itu Keluarga PEKA?

15 Agustus 2022   17:40 Diperbarui: 15 Agustus 2022   17:52 48 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pada hari Minggu tanggal 31 Juli 2022 pukul 07.30-08.00 WIB. Mahasiswa tim KKN II Undip memperkenalkan akan pentingnya keluarga 'PEKA'. Hal ini dilakukan dengan melakukan sosialisasi kepada para bapak dan ibu di RW 09 Kelurahan Pedurungan Kidul. Sosialisasi dilakukan setelah pelaksanaan senam bersama dan dilakukan secara santai. 

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi orang tua agar kedua orang tua mampu menciptakan keluarga yang sehat. Tidak hanya secara fisik namun juga sehat secara mental.

Keluarga PEKA merupakan singkatan dari Keluarga Peduli Kesehatan Mental. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa menyampaikan beberapa materi terkait informasi mengenai bagaimana pribadi yang sehat mental, ciri-ciri pribadi yang memiliki konsep diri yang positif, dan informasi mengenai kapan seseorang sudah memerlukan bantuan profesional. 

Tidak hanya itu, mahasiswa juga menyampaikan informasi mengenai pemberdayaan keluarga. Materi mengenai pemberdayaan keluarga ini disinggung agar keluarga mampu untuk membentuk suatu sistem yang sehat bagi anggota keluarganya yang lain, dan mampu menyadari serta menjalankan fungsi-fungsi keluarga yang seharusnya terpenuhi. 

Dalam penyampaiannya, mahasiswa menjelaskan bagaimana suatu keluarga sebagai sistem dapat mengelola konflik yang ada menjadi suatu hal yang positif bagi anggota keluarga.

Tidak hanya menyampaikan mengenai ciri peribadi sehat mental secara umum dan pemberdayaan keluarga, mahasiswa juga menyampaikan informasi mengenai kemudahan akses dalam melakukan pengobatan ke poli jiwa melalui BPJS.

 Informasi mengenai alur birokrasi penggunaan BPJS ke Poli jiwa ini dirasa masih penting untuk disebarluaskan, dikarenakan masih minimnya pengetahuan khalayak umum mengenai kegunaan BPJS yang dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan konsultasi ke ahli jiwa yaitu psikiater dan psikolog.

Acara ini diikuti oleh kurang lebih 25 orang warga RW 09 Pedurungan Kidul. Warga terlihat antusias dalam mengajukan pertanyaan pada topik yang disampaikan. Informasi juga disampaikan melalui brosur agar para peserta dapat membaca kembali dan melanjutkan infromasi yang ada kepada orang lain.

-Tim 2 KKN Undip

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan