Mohon tunggu...
Karin AdaniSalsabila
Karin AdaniSalsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Bersyukur apa yang kamu raih

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Berhijrahlah dengan Keyakinan

25 September 2021   19:49 Diperbarui: 28 September 2021   11:55 51 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Berhijrahlah dengan Keyakinan
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dosen Pengampu : Dr. Ira Alia Maerani,S.H.,M.H ( Universitas Islam Sultan Agung, Semarang )

Karin Adani Salsabila ( Mahasiswi Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Unissula Semarang ) 

Berhijrahlah Dengan Keyakinan 

Masa remaja adalah masa dimana anak yang akan menuju dewasa. Banyak anak remaja yang salah bergaul dan semakin jauh dengan agama, seharusnya dimasa remaja melakukan hal yang positif. Dimasa remaja kita dapat melihat indahnya masa remaja dengan melakukan hal yang baik.

Banyak seorang remaja yang melakukan kesalahan yaitu kesalahan yang disengaja ataupun tidak disengaja, banyak pula yang melanggar aturan agama ataupun aturan HAM, dan banyak pula yang salah mengartikan berhijrah itu kuno.

Kita seorang remaja harusnya paham mana yang baik mana yang buruk, jangan hanya ikut-ikutan saja dan tidak mengerti. Mulai sekarang cobalah dekatkan diri kepada sang pencipta, dan rubahlah yang perlu dirubah dengan keyakinan masing-masing. Perbanyaklah mengikuti kajian, melakukan hal yang positif, dan coba memuliakan anak yatim piatu.

Berhijrah sendiri tidaklah mudah, banyak rintangan yang harus dihadapi contohnya godaan syaiton,pergaulan dan lain-lain. Berhijrahlah dengan keadaan yang lebih baik, jika memikirkan keadaan yang lebih baik maka itu berpahala. Berhijrah sendiri juga harus ada gurunya untuk membimbing.

Adapun syarat-syarat berhijrah contohnya memakai pakaian yang tertutup dan tidak ketat, menutup kepala menggunakan hijab, dan menutup kaki menggunakan kaos kaki.

Dari Umar, bahwa Rasulullah SAW bersabda :

 " semua perbuatan tergantung niatnya, dan ( balasan ) bagi tiap-tiap orang tergantung apa yang diniatkan, barang siapa niat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan."
(HR. Bukhari) [ No. 54 fathul Bari ]

Diatas adalah sabda dari Rasulullah SAW yang menyatakan tentang hijrah. Kita seharusnya berhijrah karena Allah Ta'ala bukan karena makhluk Allah. Jika kita berhijrah karena makhluk Allah sama saja kita tidak berhijrah dengan keyakinan hati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan