Mohon tunggu...
karens sabrina
karens sabrina Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Opini Reuters Digital News Reporting

22 Juli 2021   23:46 Diperbarui: 22 Juli 2021   23:51 28 0 0 Mohon Tunggu...

Berdasarkan judul diatas disini kita membahas tentang media, di Indonesia memang sulit untuk percaya dengan yang Namanya berita di media, apapun dikatakan hoax ataupun banyak belum bisa percaya berita yang beredar dengan cepat. 

Namun seiring berjalannya waktu, perkembangan telah terjadi, perbaikan dalam segi laporan berita dalam dunia digital juga sudah mulai membaik. Pastinya dibalik itu semua juga ada perjuangan yang sangat menguras waktu, pikiran dan tenaga agar masyarakat Indonesia bisa percaya dengan berita yang beredar di media.  

Dari tahun ke tahun pun, semua platform media digital juga sudah semakin hidup dari sebelumnya, dan sekarang bahkan bisa menjadi popular. Jurnalisme sekarang pun mudah dipercaya dan dapat mudah diandalkan. Jurnalis pada jaman sekarang tidak hanya redaksi, mengapa? Karena warga pun juga bisa menjadi jurnalis, namun kita juga harus pintar memilah mana yang baik untuk didengar atau tidak. Cara orang menerima dan mengonsumsi berita pasti berubah dan berbeda -- beda.

Dalam hal ini Indonesia bisa dikatakan sangat berkembang, sampai pada tahun 2021 Indonesia masuk dalam sorotan Digital News Report ini, berdasarkan alasan bahwa tingkat penetrasi internet di Indonesia yang tahun ini mencapai 71 persen (dari total 276 juta penduduk).

Dalam ringkasan penelitian ini ada banyak poin yang diulas, mulai dari soal kepercayaan publik terhadap berita yang disampaikan oleh lembaga media, masalah platform media apa yang paling banyak dikonsumsi publik, perilaku kaum muda terhadap berita, penggunaan media sosial yang berkompetisi dengan media arus utama, serta pengaruh pandemi terhadap pola konsumsi berita. Dan untuk kedepannya pun Indonesia juga harus terus berkembang agar tetap ada dalam sorotan Digital News Report.

VIDEO PILIHAN