Regional

Membangun Integrasi Nasional gengan Memerangi Perbedaan

8 Mei 2017   08:29 Diperbarui: 8 Mei 2017   10:38 1392 0 0

Integrasi artinya kesatuan dari keseluruhan unsur yang saling berbeda - beda. Nasional adalah identitasi dari suatu bangsa. Integrasi Nasional adalah keseluruhan masyarakat yang terdiri dari unsur-unsur yang berbeda-beda. Integrasi nasional merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan suatu bangsa untuk mencapai persatuan dan kesatuan. Indonesia terdiri dari berbagai suku, budaya, bahasa, latar belakang, agama, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, integrasi sangat penting untuk menjaga keutuhan segenap bangsa dan negara. 

Selain itu, supaya Indonesia terhindar dari ancaman perpecahan baik berasal dari dalam maupun luar negeri, dibutuhkan integrasi nasional di Indonesia. Indonesia memerlukan banyak hal untuk melawan banyak ancaman yang mengancam persatuan bangsa.
Indonesia memang terdiri dari beragam suku dan bangsa. 

Sebagai penduduk Indonesia, hendaknya perbedaan itu bukanlah hal yang menjauhkan dan memecahkan integrasi bangsa. Sebaliknya, seharusnya perbedaan itu digunakan untuk saling mempererat integrasi. Dengan menghargai dan melaksanakan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan bertutur kata baik dan benar, mencintai budaya Indonesia, merupakan hal sederhana yang dapat dilakukan untuk melawan perpecahan dan membangun integrasi nasional.