Otomotif

Tengok Inovasi Terbaru Mobil Khusus Penyandang Disabilitas

25 November 2017   03:06 Diperbarui: 25 November 2017   03:23 1864 0 0
Tengok Inovasi Terbaru Mobil Khusus Penyandang Disabilitas
(Source: liputan6.com)


Mobil yang ramah lingkungan hadir dengan tenaga listrik. Namun, meski hadir dengan teknologi yang terbilang canggih, para produsen mobil ini nampaknya masih kurang memperhatikan para penyandang disabilitas yang juga berkeinginan untuk menjalankan aktivitasnya secara mandiri dengan mobil probadi mereka. 

Menanggapi kondisi tersebut, Toyota terus melakukan suatu inovasi terbaru dengan merancang mobil listrik dalam bentuk sebuah konsep dan menampilkannya di ajang Tokyo Motor Show 2017 yang diberi nama Concept i-Ride. Konsep pada mobil ini menyediakan ruang untuk menempatkan kursi roda yang terletak pada bagian roda belakang. Hal ini merupakan salah satu Concept i-Series yang telah dijanjikan oleh pihak Toyota untuk segera diluncurkankannya dalam beberapa tahun mendatang.

Bentuk dan konsep yang unik dihadirkan pada mobil ini. Nah, berikut ini penjelasan singkat tentang mobil untuk para penyandang disabilitas:

#Menggunakan joystick untuk mengendalikan mobil ini

(Source: liputan6.com)
(Source: liputan6.com)

Konsep yang memiliki tampilan cukup menarik perhatian ini memiliki konsep selayaknya mobil yang ada dalam film Tron dan Robocop. Salah satu keunikan lainnya yang terdapat pada mobil ini adalah tidak terdapat roda kemudi, sehingga dalam mengemudikannya menggunakan "Joystick"sebagai pengganti alat pengendaliannya.

Menurut Shouta Ando, seorang Project Manager Future Project Departement Toyota Motor Corporation pada ajang TMS 2017 beberapa waktu lalu, mengatakan bahwa tidak adanya roda kemudi menjadikan kabin i-Ride terasa lapang sehingga pandangan dari seorang penumpang menjadi terbuka dan lebih luas ke depan.

#Kursi kemudi bisa digeser jika ada penumpang

(Source: liputan6.com)
(Source: liputan6.com)
Konsep mobil ini ditujukan untuk para penyandang disabilitas, dengan melakukan suatu penerapan pintu gullwing menjadi salah satu pemikiran yang inovatif untuk memudahkan akses masuk penumpang. Pada awalnya, letak jok pengemudi diposisikan di tengah jika tidak ada penumpang. Namun, jika ada penumpang lain, maka jok diposisikan secara diagonal demi mendapatkan ruang yang lebih lapang.

#Fitur Artificial Intelligenceakan memudahkan pengemudi disabilitas yang kesulitan parkir

(Source: inautonews.com)
(Source: inautonews.com)

Layaknya tren mobil konsep lainnya, mobil mungil ini didukung dengan teknologi kecerdasan buatan atau yang biasa disebut dengan Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI ini disebutkan Toyota untuk dijadikan alat bantu yang sangat berguna dalam berkendara. Teknologi AI ini juga dapat membantu pengemudi yang tidak bisa parkir. Teknologi tersebut akan mengambil alih sehingga pengemudi yang memiliki disabilitas dapat berkendara dengan lebih baik.

#Diharapkan mobil canggih ini juga bisa digunakan oleh para penyandang disabilitas yang ada di Indonesia

(Source: liputan6.com)
(Source: liputan6.com)
Seorang Business Development dari Carsome Indonesia, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang otomotif ini yang juga berperan sebagai platform penjualan mobil, berpendapat bahwa inovasi terbaru ini sangatlah menarik guna memicu perkembangan teknologi otomotif khususnya di Indonesia. Pendapat ini juga disampaikan dengan harapan mobil ini dapat dipasarkan di Indonesia dan dapat berguna untuk penumpang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas. 

Wah, pasti akan sangat berguna sekali nih untuk para penyandang disabilitas yang ingin mengemudi dan mandiri dalam menjalankan segala aktivitasnya. Bagaimana menurut kamu?