Mohon tunggu...
Cuham Beib
Cuham Beib Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pernah Penyintas Kerjaannya Menulis (PPKM) . Silahkan berkenan mampir dimari : https://anyflip.com/homepage/icurr/

Penulis amatiran. Penikmat sepeda. Aktivasi sering di forum/komunitas dan kegiatan kerelawan/surveyor lingkungan, sosial, kesehatan, dan transportasi. Kontributor tulisan di media-media berbasis online.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Mari Bergerak Tak Berasap

10 September 2021   19:51 Diperbarui: 10 September 2021   19:54 73 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mari Bergerak Tak Berasap
Bersepeda, Jalan Kaki, dan Lari (Foto Ilustrasi oleh Cuham )

MANUSIA itu ditakdirkan sebagai mahluk sosial untuk bergerak, berinteraksi, dan bermobilisasi. Maka keluarlah dari kebiasaan berdiam diri, rabahan, dan lebih  banyak duduk focus pada pekerjaan, serta terpaku pada kemudahan-kemudahan secara instan.

Pada akhirnya jika kita tidak banyak bergerak tubuh kita dikhawatirkan berdampak buruk terhadap pola hidup sehari-hari, salah satunya pola makan yang tidak teratur, bisa jadi jarang makan atau malah banyak makan.

Ketika yang terjadi adalah banyak makan atau ngemil maka beresiko pada tubuh kita dengan berbagai persoalannya seperti  berat badan naik , masalah kolestrol, jantung  dan sebagainya yang selanjutnya  akan memicu masalah lain yaitu kemalasan.

Untuk itu perlu adanya penyeimbang agar tubuh kita tetap stabil dengan banyak bergerak atau berolah raga, setidaknya meski kita mau bertubuh kurus, gendut, maupun besar yang penting fisik dan pikiran kita sehat, segar bugar, bersemangat, dan tidak loyo.

Ada banyak gerak atau olah tubuh yang sederhana dan mudah yang bisa dilakukan seperti bersepeda, jalan kaki, dan lari. Ketiga aktivitas olah gerak tersebut merupakan solusi tanpa polusi  yang sangat bermanfaat untuk diri kita, orang banyak, dan lingkungan.

Sekelompok orang  menyebutnya dengan istilah bergerak tak berasap artinya pergerakan yang tidak menggunakan kendaraan bermotor, sehingga meskipun bermobilisasi atau bergerak tapi tidak membawa polusi asap.

Bersepeda, jalan kaki dan lari, selain  bermanfaat buat lingkungan sudah barang tentu bermanfaat sekali buat kesehatan apalagi jika dilakukan secara rutin dan teratur sehingga baik untuk  kesehatan jantung, sirkulasi darah, dan mengurangi resiko tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas.

Tak hanya itu, juga dapat membakar kalori sehingga cukup efektif dalam program penurunan berat badan, meningkatkan stamina, dan memperkuat otot-otot sehingga dapat menjaga keseimbangan dan stabilitas tubuh.

Selain bermanfaat buat kesehatan fisik, juga bermanfaat buat kesehatan mental, seperti percaya diri dan bisa lebih menghargai diri sendiri, mengurangi stress, dan depresi. Tubuh akan terasa bugar sehingga memperoleh kehidupan yang menyenangkan.

Ketika semua otot dan organ tubuh kita bergerak pasti akan menghasilkan keringat, itu tandanya baik karena dengan berkeringat kita bisa mengeluarkan racun atau toksin yang ada dalam tubuh kita.  Hal sepela yang sebenarnya banyak manfaatnya, sayangnya bagi sebagian orang, berkeringat adalah salah satu hal yang sangat dihindari karena bau atau pun persoalan ketidak nyamanan .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan