Mohon tunggu...
Cuham Beib
Cuham Beib Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pernah Penyintas Kerjaannya Menulis (PPKM) . Silahkan berkenan mampir dimari : https://anyflip.com/homepage/icurr/

Penulis amatiran. Penikmat sepeda. Aktivasi sering di forum/komunitas dan kegiatan kerelawan/surveyor lingkungan, sosial, kesehatan, dan transportasi. Kontributor tulisan di media-media berbasis online.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Bersepeda, Berkemah, dan Memasak, Paduan Kegiatan Penghilang Penat

21 Agustus 2021   14:18 Diperbarui: 21 Agustus 2021   14:23 125 8 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bersepeda, Berkemah, dan Memasak, Paduan Kegiatan Penghilang Penat
Kehangatan bersama di pagi hari menyeduh kopi . Foto : Sunita Pikniker's

TERLEPAS  dari persoalan saat ini adanya pembatasan berbagai kegiatan masyarakat karena wabah virus corona, bersepeda merupakan aktivitas sederhana, menyehatkan, menyelamatkan lingkungan sekaligus menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama-sama, menuju tempat-tempat menakjubkan, dan diakhiri dengan foto serta makan bersama  dengan tetap menjaga kebersihan,kelestarian, dan kenyamanan area kegiatan dan sekitarnya tanpa meninggalkan jejak "dosa" ekologis di tempat itu.  

Aktivitas bersepeda juga banyak ragamnya dari fun bike, adventure, hingga perjalanan bersepeda jarak jauh yang beberapa tahun kebelakang digandrungi banyak pesepeda selain karena sensasi perjalanannya baik antar daerah, pulau, keliling negara, benua, dan dunia, juga bisa menjadi salah satu tolak ukur jam terbang atau pengalaman bagi pesepeda.

Serunya Bersepeda menuju lokasi kemping Foto dok. Cuham
Serunya Bersepeda menuju lokasi kemping Foto dok. Cuham
Satu lagi aktivitas yang sudah lama diminati para pegiat sepeda adalah bersepeda, berkemah, dan memasak ( Bike Camp Cook). Beberapa pesepeda maupun komunitas pesepeda mengusung konsep tersebut. Dilakukan selama 2 hari atau lebih di destinasi wisata, area kemping, atau di lahan-lahan yang digunakan untuk istirahat saat melakukan perjalanan bersepeda jarak jauh dan berhari-hari.

Perbekalan, alat-alat, bahan baku, dan alat kemping ada yang dibawa oleh kendaraan logistik terutama dalam event-event bersepeda yang cukup besar  dan banyak pula yang digembol (dibawa) tersimpan di bagian  rak depan depan belakang sepeda masing-masing, bahkan ada yang sampai memenuhi body sepeda, tapi justru itulah yang menjadi sensasi utamanya.

Memasak. Foto : Suwati Rosyid FBI
Memasak. Foto : Suwati Rosyid FBI

Kegiatan Bike Camp Cook yang pesertanya berjumlah banyak, eventnya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari dari mulai pendaftaran peserta, penentuan watu, lokasi, atribut, hingga menu-menu utama dan special yang akan dimasak dan disajikan. Selain itu, selalu ada kepanitiaan selaku pengelola kegiatan dan terkadang dilaksanakan pada moment-moment tertentu seperi pergantian akhir tahun, peringatan kemerdekaan, jambore atau gathering pesepeda.

Meskipun panitia sudah menyediakan manu masakan utama, tapi masing-masing peserta membawa juga peralatan masak dan bahan masakannya untuk dikonsum sendiri atau bersama kelompoknya, biasanya dominan membawa kopi, teh, gula, mie instan, tapi ada juga yang membawa beras beserta lauk pauknya.   

Masakan yang paling sering dijadikan menu utama dalam perhelatan kemping bersama-sama adalah nasi liwet beserta lauk pauk, lalaban, dan tentu saja sambal yang menggugah selera. Di sajikan di atas  daun pisang, dimakan bersama-sama sambil lesehan menambah suasana makan semakin seru dan penuh keakraban serta kebahagiaan.

Bagi panitia atau peserta yang sudah memahami arti kebersihan lingkungan, di sela-sela atau alkhir kegiatan, usai foto bersama melakukan operasi semut atau bersih-bersih sekitar lokasi. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab mereka terhadap lingkungan agar tempat kembali nyaman dan bisa digunakan oleh pengguna selanjutanya dengan harapan melakukan hal serupa seperti mereka.

Bike Camp Cook, Foto : Benben Zaenudin  TCC
Bike Camp Cook, Foto : Benben Zaenudin  TCC

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan