Mohon tunggu...
kardianus manfour
kardianus manfour Mohon Tunggu... belajar mencintai kebijaksanaan hidup

mahasiswa filsafat.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Memahami Potensi dalam Berkomunikasi

19 Juli 2020   22:25 Diperbarui: 19 Juli 2020   22:31 48 1 0 Mohon Tunggu...

Kemampuan berkomunikasi sejatinya sudah ada dalam diri setiap orang, bahkan tanpa harus dipelajari. Dengan Kemampuan ini, kita bisa mengembangkan segala keutamaan seperti persahabatan dan persaudaraan dengan siapa saja. Bagi saya pribadi, kemampuan berkomunikasi yang paling penting bukanlah tentang kominikasi kita dengan orang lain, tetapi berkomunikasi dengan diri sendiri. Seseorang dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang lain karena ia  Dapat berkomunikasi Dengan dirinya sendiri. Apabila diri kita tidak dapat berkomunikasi dengan diri dengan baik, bagaimana kita dapat berelasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Semuanya mulai dari diri kita, mulai belajar dari diri kita dan kemudian diimplementasikan kepada orang lain.

Semuanya sangat sederhana. Mengapa harus dipersulit? Apabila dalam sebuah pembicaraan, seseorang selalu mendominasi membicarakan keberhasilannya, seakan dia mengetahui segala isi jagat raya ini, apakah orang ini kita anggap mempunyai kemampuan berkomunikasi.

Kemampuan komunikasi yang memiliki nilai yang besar adalah mendengarkan. Dalam suatu kesempatan, saya melihat teman saya duduk dengan seorang kenalan barunya. Saya melihat mereka begitu akrab. Sepertinya kenalan barunya itu sangat tertarik kepada teman saya. Teman saya lebih banyak menyimak, menganggukkan kepala, tersenyum dan tertawa kecil. Kemudian saya bertanya kepadanya apa rahasia sehingga ia dapat begitu akrab dengan orang lain? Jawabannya sungguh menghantam saya. Ia menjawab bahwa ia lebih banyak mendengarkan. Ia hanya mengajukan beberapa pertanyaan dan sedikit menanggapi cerita orang lain. Ia memberikan banyak kesempatan kepada orang lain untuk berbicara. Ia membuat cerita orang lain dirasakan penting untuk didengarkan.

Mendengarkan merupakan salah satu modal terpenting dalam berkomunikasi. Kita akan sangat sulit mendengarkan apabila kita masih dibelenggu keegoisan. Hanya mementingkan diri kita. Kita akan sulit mendengarkan apabila kita angkuh menganggap cerita orang tidak penting, membuang waktu saja atau meanggap remeh Pengalaman orang lain.

Untuk bisa mendengarkan kita membutuhkan kekuatan khusus untuk menghilangkan diri sendiri, menganggap diri sendiri tidak ada. Walaupun kita sudah tahu cerita yang orang ceritakan kita tetap harus menhilangkan rasa tahu dalam diri kita. Untuk itu, mari kita kembangkan potensi berkomunikasi ini dalam hidup kita masing-masing.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x