Mohon tunggu...
Anar Nalendra Wibisana
Anar Nalendra Wibisana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNISRI

Ilmu Komunikasi 18

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Magang Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta Prodi Ilmu Komunikasi di PTPN Radio Solo

3 Januari 2022   22:04 Diperbarui: 5 Januari 2022   15:24 287 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Magang atau internship adalah penempatan kerja dengan perusahaan atau organisasi yang memberikan pengalaman kerja dan keahlian baru, yang dapat berguna untuk karir masa depan. Tujuan dari magang adalah memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan apa yang mereka pelajari di ruang kelas ke dunia riil, supaya mereka lebih siap kerja setelah lulus nanti.

Tergantung kondisi, mahasiswa bisa saja bekerja di satu atau beberapa departemen di suatu perusahaan atau organisasi, dan membantu pekerjaan dari karyawan di sana. Jenis dan posisi pekerjaan akan disesuaikan dengan jurusan yang mahasiswa jalani.

Ditahun 2021, meski pandemi masih berlangsung diseluruh dunia dan sistem pendidikan sekarang yang juga masih daring, namun regulasi untuk magang di Universitas slamet Riyadi Surakarta tetap dilaksanakan mengingat magang adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi mahasiswa yang sedang menempuh program strata satu. Dan mengingat masih pandemi covid-19, maka perihal pelaksanaan magang bisa dilakukan secara offline dan online sesuai regulasi dari perusahaan atau organisasi yang ditempati.

Sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan latar belakang didunia kreatif dan pernah melakukan simulasi untuk membuat program radio serta mempraktikkannya di mata kuliah Produksi Program Radio, maka saya memutuskan untuk magang di salah satu stasiun radio yang cukup lama di Solo yaitu PTPN Radio. Radio adalah salah satu jenis media massa satu arah yang berperan menyampaikan pesan (berita, informasi dan hiburan) kepada masyarakat dengan jangkauan luas dan sampai saat ini radio masih eksis oleh pendengarnya.

img-20211230-114353-61d555cb4b660d2591761a32.jpg
img-20211230-114353-61d555cb4b660d2591761a32.jpg
Di PTPN Radio sendiri menyediakan ruang kepada mahasiswa yang ingin magang disana dengan beberapa divisi yaitu Program, Produksi, Multimedia, Musik dan Marketing. Saya sendiri memilih untuk masuk kedalam divisi multimedia dengan harapan skill basic yang saya punya dapat dikembangkan lagi ketika menjalanan pekerjaan seperti mengedit, desain dan fotografi. Sebagai seseorang yang menjadi bagian multimedia, diharuskan mempunyai aplikasi desain seperti CorelDraw, Adobe Ilustration, dan lainnya.

Awal mula masuk dalam lingkungan kerja dunia kreatif, saya merasakan tekanan dari dalam diri dikarenakan rasa itu timbul akibat kegelisahan, kekhawatiran dan ketakutan saya akan kegagalan serta pengalaman pertama kali masuk dunia kerja. 

Mungkin hal tersebut wajar-wajar saja dialami seseorang pada fase permulaan, karena pada dasarnya manusia memiliki sifat adaptasi yang mana mempelajari kebiasaan baru dan membiasakannya, dan hal tersebutlah yang saya alami ketika melakukan proses magang. Yang pada awalnya saya sendiri mengalami kesulitan untuk proses editing desain dikarenakan laptop lama yang saya punya tidak mendukung untuk dipasang aplikasi CorelDraw X7, namun dengan usaha dan do'a pada akhirnya bisa dipasang meski hanya versi rendah yakni CorelDraw X7 32bit. 

Tak hanya itu saja, melainkan ketika awal mula membuat desain masih agak bingung perihal standar desain yang PTPN Radio tetapkan, namun dengan berjalannya waktu saya juga mempelajari sendiri standar desain nya di media sosial instagram PTPN Radio sembari mengkonsultasikannya kepada mentor. 

Pada awalnya memang agak kesulitan dan masih terbawa tekanan dari dalam diri, namun dengan berjalannya waktu sekitar 1-2 minggu sudah bisa beradaptasi terhadap tekanan dan juga standar desain yang telah ditetapkan. Tak hanya desain saja, melainkan terkadang ada permintaan untuk mengedit video yang nantinya akan menjadi reels dan untuk video kalau yang saya rasakan dan alami untuk tingkat kesulitan masih dibawah level dari desain.

Divisi multimedia memiliki peranan penting dalam hal eksekutor yang hasilnya nanti dapat dinikmati oleh warga instagram, facebook dan twitter. Langkah tersebut menjadi salah satu cara untuk menarik minat serta antusias dari audience untuk mendengarkan PTPN Radio karena didalam media sosialnya setiap hari memposting feed tentang program-program acara PTPN Radio yang nantinya beserta tema nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan