Mohon tunggu...
Kanya Anindita
Kanya Anindita Mohon Tunggu... Content Writer

I write a lot of topics including business, lifestyle & travel

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Properti

21 September 2018   12:13 Diperbarui: 21 September 2018   14:54 718 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Properti
7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Properti

Saat ini, tampaknya bisnis properti semakin banyak diminati. Kehadiran berbagai marketplace perhotelan dan penginapan semakin mempermudah orang-orang dalam menyewakan dan menjual properti yang mereka miliki. Tetapi, ini juga menunjukkan bahwa persaingan dalam industri real estate juga semakin meningkat.

Untuk bisa memenangkan kompetisi antara penjual atau penyewa properti, Anda harus memiliki pendekatan yang lebih up to date. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjalankan bisnis properti dengan sukses.

1. Buat Perencanaan Keuangan

Agen properti yang sukses tidak hanya mampu menutupi biaya kebutuhan propertinya saja, tetapi juga kebutuhan pribadinya. Sangat penting bagi Anda untuk memahami arus kas Anda dengan baik.

Untuk memastikan agar arus kas mengalir dengan lancar, Anda harus bisa mengelola utang dan piutang Anda dengan baik. Pastikan bahwa Anda selalu menerima pembayaran dari penyewa properti Anda tepat waktu. Anda pun tidak boleh terlambat dalam membayar seluruh tagihan Anda.

Buat laporan keuangan secara rutin agar Anda dapat mengetahui keuntungan dan kerugian Anda setiap saat. Dengan data keuangan yang lengkap dan akurat, Anda juga dapat memprediksi pendapatan dan anggaran yang disisihkan untuk keperluan properti Anda, misalnya untuk maintenance.

2. Jadilah Konsultan Ketimbang Penjual

Percaya atau tidak, Anda tidak perlu menjadi wiraniaga yang hebat untuk menjadi agen properti yang sukses. Jika Anda mahir dalam berjualan, maka ini adalah hal yang bagus, namun ini bukan persyaratan yang utama dari seorang agen real estate.

Orang-orang yang mencari tempat tinggal lebih suka bila mereka dapat berkonsultasi dengan agen properti yang mereka temui. Jadi, bertindaklah seperti konsultan daripada seorang penjual. Jauhkan diri Anda dari image "penjual properti yang memaksa".

3. Realistis dalam Menawarkan Harga

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dibuat oleh pemilik properti adalah menetapkan harga properti yang terlalu tinggi. Bersikaplah realistis tentang pendekatan Anda di sini. Lakukan penelitian sebelum Anda menentukan harga. Cari tahu yang biaya yang dikenakan oleh pemilik properti lain di area Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x