Bisnis

6 Tips Mengelola Bisnis Ritel di Beberapa Lokasi

7 Agustus 2018   17:15 Diperbarui: 7 Agustus 2018   17:24 606 1 1
6 Tips Mengelola Bisnis Ritel di Beberapa Lokasi
6 Tips Mengelola Bisnis Ritel di Beberapa Lokasi (articleboard.info)

Seiring dengan berkembang pesatnya toko ritel Anda disertai dengan meningkatnya permintaan pelanggan, Anda tentu mempertimbangkan untuk membuka cabang di beberapa lokasi lain. Ini merupakan langkah yang bagus, sebab Anda memiliki kesempatan yang besar untuk menjangkau lebih banyak prospek dan membuat bisnis ritel Anda menjadi lebih besar.

Akan tetapi, mengelola banyak toko tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa strategi yang perlu dilakukan supaya Anda tidak mengalami kerugian ketika mengelola toko di lokasi yang berjauhan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Buat prosedur yang berlaku di seluruh lokasi

Anda tidak mungkin hadir secara langsung untuk memantau setiap toko Anda di waktu yang sama. Tetapi, Anda harus bisa memastikan bahwa seluruh aktivitas toko ritel Anda berjalan lancar. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat prosedur operasional.

Kebijakan yang Anda buat harus diberlakukan di setiap toko, mulai dari jam kerja karyawan, cara berkomunikasi dengan pelanggan, cara menangani komplain, penentuan diskon, hingga pengembalian barang. Pastikan bahwa pengalaman bagus yang didapatkan pelanggan di satu toko harus sama baiknya di seluruhnya lokasi Anda.

2. Pekerjakan staf yang andal dan profesional

Anda tentu harus memiliki orang-orang terpercaya yang dapat mewakili Anda untuk mengelola toko ritel Anda. Pastikan bahwa Anda mempekerjakan karyawan yang kompeten dan dapat bekerja secara profesional. Pelatihan secara berkala perlu untuk dilakukan untuk meningkatkan kemampuan karyawan Anda, terutama untuk mereka yang berhadapan langsung dengan pelanggan setiap hari.

Tanamkan visi dan misi bisnis Anda pada diri karyawan Anda sehingga mereka dapat bekerja untuk memenuhi ekspektasi bisnis ritel Anda. Agar karyawan Anda dapat terus menunjukkan kinerja yang baik, Anda juga perlu memperhatikan kesejahteraan mereka. Pastikan bahwa mereka selalu menerima gaji, bonus, dan tunjangan pada waktu yang sama. Ini dapat dengan mudah dilakukan jika Anda menggunakan sistem manajemen HR untuk karyawan ritel.

3. Bangun komunikasi antar-tim yang kuat

Kunci sukses mengelola toko di beberapa lokasi adalah komunikasi antar-tim yang baik. Mudahkan seluruh tim Anda untuk dapat saling berkoordinasi satu sama lain meskipun mereka berada di lokasi yang berjauhan. Manfaatkan penggunaan teknologi seperti ERP berbasis Cloud yang mengizinkan tim untuk dapatmengelola dokumen yang sama dalam satu sistem. Setiap tim dapat mengakses data apapun secara real time tanpa harus mengganggu pekerjaan tim lain.

4. Simpan data penjualan di satu tempat

Menyimpan data penjualan termasuk informasi pelanggan secara terpisah sangat tidak efisien. Setiap tim harus menyerahkan laporan penjualan secara manual kepada Anda dan tentunya ini tidak bisa sering dilakukan (biasanya per minggu atau per bulan). Anda juga akan sulit menemukan data penjualan yang Anda inginkan sebab Anda menumpuk terlalu banyak file dan Anda tidak bisa mem-filter nya berdasarkan kategori tertentu.

Cara paling mudah dan efektif yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyimpan seluruh data penjualan Anda dalam satu sistem. Sistem manajemen penjualan otomatis memungkinkan Anda untuk  mengintegrasikan seluruh data penjualan dari setiap toko. Sistem ini juga menyediakan laporan sales lengkap dan akurat yang dihasilkan secara real time.

5. Kelola stok menggunakan sistem otomatis

Memiliki toko yang tersebar di beberapa lokasi artinya Anda menyimpan stok barang Anda di lokasi yang berbeda pula. Sama seperti penjualan, inventaris Anda juga harus dikelola menggunakan sistem yang sama. Ini akan membantu Anda mengatur persediaan dengan lebih efisien.

Solusi manajemen inventaris membantu Anda melacak ketersediaan stok di seluruh toko melalui satu sistem. Jika barang yang dicari pelanggan tidak tersedia di satu toko, maka Anda bisa dengan mudah mencarinya di toko Anda yang lain menggunakan sistem yang sama.

6. Evaluasi setiap toko secara reguler

Menggunakan teknologi memang memberikan banyak fleksibilitas untuk Anda. Tetapi bukan berarti Anda tidak perlu datang langsung ke masing-masing toko Anda. Justru Anda tetap perlu memantau langsung toko Anda secara berkala. Lakukan pengecekan dan evaluasi toko secara reguler, termasuk kinerja karyawan, kepuasan pelanggan, fasilitas toko, dan lain sebagainya.