Mohon tunggu...
Kanya Anindita
Kanya Anindita Mohon Tunggu... Editor - Content Writer

I write a lot of topics including business, lifestyle & travel

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

5 Tips Meningkatkan "Customer Experience" di Toko Ritel Anda

2 Agustus 2018   17:09 Diperbarui: 3 Agustus 2018   08:52 478
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
5 Tips Meningkatkan Customer Experience di Toko Ritel Anda (palm-school.ru)

Meskipun e-commerce semakin berkembang pesat, toko fisik masih menjadi primadona dalam industri ritel. Menurut data dari statista.com, e-commerce hanya menghasilkan 10 persen dari penjualan ritel. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehilangan pengunjung dikarenakan kehadiran e-commerce. Justru sebaiknya Anda fokus mencari cara untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke toko Anda.

Pengunjung harus memiliki alasan yang pas untuk datang ke toko Anda. Pikirkan sesuatu yang membuat mereka lebih memilih untuk pergi ke toko Anda dibandingkan ke online shop. Pikirkan juga sesuatu agar orang yang lewat di depan toko Anda ingin mampir ke toko Anda.

Tidak perlu bingung, karena artikel ini dibuat untuk membantu Anda meningkatkan customer experience di toko Anda sehingga Anda dapat membuat pengunjung toko Anda betah dan pada akhirnya membeli produk Anda. Simak tips nya berikut ini.

1. Buat karyawan toko Anda menjadi lebih aktif

Karyawan front-line Anda merupakan sumber daya yang bisa Anda andalkan untuk meningkatkan customer experience di toko Anda. Mereka lah yang berhadapan langsung dengan pengunjung toko Anda, jadi Anda harus memastikan bahwa mereka bisa menciptakan interaksi baik dengan setiap pengunjung.

Karyawan Anda tidak perlu terlalu persuasif (ini justru bisa membuat pengunjung takut), tetapi mereka harus bisa aktif saat menghadapi pengunjung. Anda perlu mengajari karyawan toko Anda mengenai cara mendekati pengunjung, menjelaskan produk-produk Anda kepada pengunjung secara detail, dan membantu pengunjung ketika mereka mengalami kesulitan dalam mencari produk. Oleh karena itu, penting bagi karyawan Anda untuk dapat memahami produk dan brand Anda dengan sangat baik.

2. Izinkan pelanggan untuk dapat mencoba produk Anda

Dekorasi toko yang cantik dan berbagai fasilitas modern yang ada di toko Anda tentu akan menarik perhatian pengunjung secara visual. Tetapi fokus pada visualisasi saja tidak cukup. Pengunjung yang datang ke toko Anda pasti berharap untuk bisa mencoba produk Anda secara langsung. Oleh karena itu, permudah pengunjung untuk dapat merasakan pengalaman menggunakan produk Anda agar mereka semakin yakin untuk membelinya.

Mengizinkan pelanggan untuk mencoba produk secara langsung tidak hanya bisa dilakukan oleh toko pakaian atau sepatu. Ini bisa dilakukan oleh jenis toko apapun. Misalnya, jika Anda menjual produk kosmetik, maka Anda bisa menyediakan produk tester dan kaca supaya pengunjung Anda dapat langsung mencoba produk makeup Anda. Jika Anda menjual elektronik, maka Anda dapat mengizinkan pengunjung untuk mencoba gadget yang mereka incar secara langsung.

3. Ciptakan suasana toko yang membuat pengunjung nyaman

Anda tentu ingin membuat pengunjung betah berlama-lama di toko Anda, bukan? Dan Anda pasti ingin agar mereka datang kembali ke toko Anda di lain waktu. Untuk mewujudkan itu, Anda harus mampu menciptakan atmosfir yang membuat pengunjung Anda merasa nyaman di toko Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun