Mohon tunggu...
Kanwil Kemenkumham Maluku
Kanwil Kemenkumham Maluku Mohon Tunggu... Administrasi - Media Pemberitaan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku

Media Pemberitaan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku yang dikelola Bagian Humas Kanwil Kemenkumham Maluku

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Hari Kesaktian Pancasila, Kanwil Kemenkumham Maluku Kembali Kibarkan Bendera Satu Tiang Penuh

1 Oktober 2022   17:49 Diperbarui: 1 Oktober 2022   17:51 49 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Doc. Humas Kanwil Kemenkumham Maluku

Ambon - Memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada hari ini, Sabtu (01/10), Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih satu tiang penuh, setelah sehari sebelumnya mengibarkan bendera setengah tiang untuk mengenang gugurnya 7 Perwira TNI AD pada saat melaksanakan tugas melindungi Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa atau kita kenal dengan insiden G30S PKI.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Divisi Keimigrasian Mas Arie Yuliansa memimpin jalannya upacara yang dilangsungkan dari rooftop Kanwil Kemenkumham Maluku dengan lancar dan khidmat.

"Bangkit Bergerak Bersama Pancasila" merupakan tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diseragamkan secara nasional merujuk pada surat dari Sekretariat Jenderal terkait Pedoman Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atas edaran resmi dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Sesuai susunan upacara, setelah mengheningkan cipta, Inspektur upacara kemudian membacakan teks Pancasila diikuti seluruh peserta upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks Pembukaan UUD NKRI Tahun 1945 dan Naskah Ikrar kemudian ditutup dengan pembacaan doa Andhika Bhayangkari.

Melalui peringatan hari kesaktian Pancasila yang diikuti oleh Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, JFT dan JFU ini, seluruh jajaran diharapkan dapat melestarikan, mengamalkan dan mengembangkan dan mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji atas kehidupan berbangsa dan bernegara. (Humas/AI)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan