Mohon tunggu...
Kanopi FEBUI
Kanopi FEBUI Mohon Tunggu... Jurnalis - Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UI

Kanopi FEBUI adalah organisasi yang mengkhususkan diri pada kajian, diskusi, serta penelitian, dan mengambil topik pada permasalahan ekonomi dan sosial di Indonesia secara makro. Selain itu, Kanopi FEBUI juga memiliki fungsi sebagai himpunan mahasiswa untuk mahasiswa program studi S1 Ilmu Ekonomi dimana seluruh mahasiswa ilmu ekonomi merupakan anggota Kanopi FEBUI.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

You, Me, and Unpaid Internship: The Line Between Profit and Ethics

27 Juni 2022   19:49 Diperbarui: 27 Juni 2022   19:53 345 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tulisan ini adalah bagian dari kajian kolaboratif antara Kanopi FEB UI dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada dengan tema "YOU, ME AND UNPAID INTERNSHIP: THE LINE BETWEEN PROFIT AND ETHICS".

Batu Loncatan untuk Pendatang di Industri

Tenaga kerja atau sumber daya manusia yang kompeten sangatlah dicari, terutama di dunia kerja era ini. Untuk mencapai titik tersebut, perguruan tinggi diharapkan dapat melatih mahasiswa-nya sehingga meningkatkan kualitas para lulusan supaya dapat bersaing. 

Dengan ini, industri-industri dunia membuka pelatihan dalam bentuk program kerja magang (internship) sebagai kesempatan yang baik bagi mahasiswa untuk melatih diri, beradaptasi dengan dunia kerja, dan mengaplikasikan ilmu yang didapatkan atas pekerjaan tertentu. 

Program magang yang dibuka oleh berbagai perusahaan memiliki regulasi dan sistem yang berbeda berdasarkan rana setiap industri, dimulai dari jalannya proses seleksi, penetapan periode waktu pelaksanaan magang, dan juga posisi ataupun departemen yang ditawarkan. 

Oleh karena itu, banyaknya mahasiswa yang berpotensi menjadi calon pemagang akhirnya melakukan riset terlebih dahulu atas beberapa perusahaan sebelum mengikuti proses rekrutmen untuk mencari tahu kriteria masing-masing posisi magang. 

Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa faktor yang dijadikan poin-poin pertimbangan oleh para calon pemagang sebelum memilih perusahaan untuk bekerja magang. 

Mahasiswa biasanya mempertimbangkan kesempatan dan ilmu baru yang akan didapatkan di beberapa perusahaan tertentu, kesesuaian antara bidang gerak perusahaan dan bidang studi mahasiswa, serta keuntungan yang didapatkan dari perusahaan terkait (upah, fasilitas, dan lain-lain.) 

Poin terakhir biasanya menjadi salah satu faktor utama sebab sebagian mahasiswa melakukan kegiatan bekerja magang bukan hanya untuk pengalaman dan aplikasi ilmu atau keperluan pemenuhan SKS akademik, melainkan juga untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sayangnya, tidak semua perusahaan dapat memberikan hal tersebut untuk karyawan magangnya. 

Money or Experience : (Ilusi) Prasmanan Pendatang di Dunia Kerja

Kompensasi yang ditawarkan perusahaan untuk para pemagang mencakup non-monetary benefits dan monetary benefits. Klaim perusahaan yang menjalani unpaid internship tentunya mencoba menjadikan insentif kredit akademik dan pelatihan profesional sebagai kompensasi non-monetary. 

Para pemagang harus tahu apa yang mereka cari, apakah itu high payment atau work satisfactory, ataupun hanya pengisi garis kosong di curriculum vitae mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan