Tasikmalaya (31/07/2022) - Mengingat penting nya design terhadap suatu produk sebagai identitas dari produk itu sendiri, menjadi penambah nilai jual suatu produk. Karena dengan melihat desain yang berkualitas, penampilan yang menarik, kemudahan penggunaan serta minim kendala menjadikan konsumen mengambil kesimpulan bahwa hasil produksi tentu bermutu dan berkualitas.
Adapun tema yang diangkat oleh kelompok KKN 172 UPI yaitu desa sehat dan sejahtera. Tujuan dari desa sehat dan sejahtera yaitu untuk menjamin kehidupan warga desa yang sehat demi terwujudnya kesejahteraaan. Kelompok KKN 172 terbagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk merealisasikan program. Salah satunya program Inovasi dan Design Kemasan Produk yang beranggotakan 6 (enam) orang yaitu Fauzan Nur Hidayatulloh, Fikri Irfansyah, Jehan Fitri Millania, Kaniya Sri Solihat Noviana, Muhammad Zaki Nindri, dan Rani Pitriani.
kemasan  produk  yang  dihasilkan  masih  belum  optimal, disebabkan  oleh  nilai  estetika  belum  dimiliki,  ketahanan  dan  keamanan  produk,danefisiensi kemasan; (2) Era revolusi industri 4.0 telah menuntut para UMKM agar lebih melek dengan teknologi pemasaran produk-nya, apabila tanpa kualitas yang lebih baik termasuk inovasi dalam rancangan kemasan, maka akan  memperkecil pasar, hal  ini  disebakan  pesaing  diberbagai wilayah yang semakin banyak dengan jenis produk yang sama, yang berimplikasi kebutuhan akan kekhasan  produk dan  menjadi added value dari  produk  UMKM  di  Desa tersebut dan;  (3) Kebutuhan kemasan yang mampu menambah penampilan serta nilai produk semakin meningkat.
Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM di kelurahan gunung tandala adalah; Â (1) DesignKemasan adalah aspek penting dari pemasaran karena kemasan dapat menjadi daya tarik dan identitas produk yang mampu meningkatkan penjualan produk. pengemasan berfungsi untuk menempatkan sebuah produk ke dalam sebuah wadah yang memiliki bentuk tertentu sehingga produk tersebut mudah untuk disimpan, diangkut, maupun didistribusikan. Dari segi promosi, wadah atau pembungkus berfungsi sebagai sebuah alat untuk menarik minat pembeli. Selain itu, kemasan juga memegang peranan penting pada supply chain management karena kebutuhan untuk mengurangi biaya, mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan, dan e-commerce.