Mohon tunggu...
Kaninta Sekunda
Kaninta Sekunda Mohon Tunggu... Mahasiswa FK UNDIP

Creating my own sunshine

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Menyongsong "New Normal", Mahasiswa UNDIP Mengajarkan Cara Hidup Berdampingan dengan Virus Corona

9 Agustus 2020   10:17 Diperbarui: 9 Agustus 2020   10:16 27 0 0 Mohon Tunggu...

Jakarta Selatan (19/07/2020), Lima bulan berlalu sejak COVID-19 melanda Indonesia, himbauan untuk menetap di rumah kini sudah menjadi ajakan untuk hidup berdampingan dengan Virus Corona - The New Normal. Artinya, aktivitas normal bisa dimulai kembali namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan COVID-19.

Sayangnya, masih banyak orang menganggap new normal sama dengan kembali hidup normal seperti sebelum COVID-19 mewabah. Dari isu tersebut, muncul inisiatif mahasiswa anggota Tim II KKN Universitas Diponegoro (UNDIP), Kaninta Nuga Sekunda, mahasiswa Fakultas Kedokteran untuk membangun kesadaran dan mengajak masyarakat setempat agar dapat menghadapi era new normal.

Dalam upaya mengatasi isu, mahasiswi yang akrab disapa Kanin ini mengadakan webinar untuk memberikan penyuluhan materi mengenai protokol kesehatan dan perilaku ideal dalam menjalani new normal. Tidak hanya itu, Kanin juga membuat booklet yang ia bagikan kepada warga RW 007 Cipete Utara, Jakarta Selatan.

Walaupun menjalankan kegiatan KKN, Kanin mengaku senang dapat berinteraksi dengan warga setempat, dan dapat membantu masyarakat untuk menambah wawasan guna menjaga kesehatan.

“Penyuluhan ini disambut baik oleh warga RW 007. Mereka menyimak materi yang saya sampaikan dengan antusias. Saya senang karena esensi saya sebagai mahasiswa yang menjalani KKN terwujudkan,” ujarnya.

Fajar (33), salah satu warga yang sudah mulai kembali kerja kantoran, merasa penting untuk mengubah kebiasaannya di kantor. 

“Banyak hal yang saya baru ketahui setelah mengikuti webinar. Saya akan mencoba merubah habit saya, dan juga akan mengingatkan teman-teman kantor saya untuk melakukan hal yang sama,” ujarnya.

Menariknya, Kanin tidak hanya mengedukasi protokol saat di luar rumah. Ia juga mengajarkan cara online shopping dengan benar dan aman.

“Ga nyangka online shopping tetap harus berhati-hati, saya yang hobi online shopping tertarik banget sama materi yang disampaikan. Terima kasih Kanin, sekarang saya jadi tahu cara tetap aman,” ujar salah satu warga RW 007.

Dengan program yang dilaksanakan, Kanin berharap dapat mengubah perilaku warga setempat untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan. Dengan demikian ia berharap kondisi COVID-19 di Indonesia cepat membaik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x