Mohon tunggu...
Kania Audina Zahra
Kania Audina Zahra Mohon Tunggu... Pelajar

BIOLOGI UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Selanjutnya

Tutup

Media

Tips Jitu Menulis Berita yang Baik dan Menarik

13 Maret 2021   15:47 Diperbarui: 13 Maret 2021   15:50 111 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Jitu Menulis Berita yang Baik dan Menarik
shutterstock.com

Berita merupakan sebuah tulisan yang sifatnya memberikan berbagai informasi baru kepada masyarakat. Pada umumnya berita berisikan peristiwa-peristiwa atau kejadian hangat yang baru saja terjadi. Oleh karena itu penulisan sebuah berita tidak boleh sembarangan dan terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya kebenaran berita tersebut.

Informasi yang ditulis secara sembarangan akan berdampak pada penurunan kualitas berita tersebut, terutama jika tidak ada fakta yang mendukung. Selain berkualitas, berita yang disajikan juga harus menarik agar mengundang banyak pembaca.

Berikut merupakan beberapa tips jitu menulis berita yang baik dan menarik.

1. Amati Informasi Hangat di Sekitar Anda

Tips pertama yaitu perhatikan sekitar anda, apakah sedang ada hal yang hangat diperbincangkan atau hal yang menarik untuk diberitakan. Hindari ide-ide yang terkesan sudah biasa dan kurang unik.

2. Cari Data dan Fakta

Setelah mendapatkan kejadian yang sesuai untuk diangkat menjadi berita, selanjutnya adalah menggali segala data dan fakta yang berhubungan dengan hal tersebut. Jangan sampai berita Anda dipenuhi dengan argument. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencari data dan fakta dari berbagai sumber. Jika memungkinkan Anda dapat mendatangi langsung lokasi yang berkaitan dan lakukan observasi.

3. Tulis Berita Sesuai Unsur 5W + 1 H

Unsur 5W + 1H terdiri dari apa kejadian yang terjadi, siapa yang terlibat dalam kejadian, di mana kejadian berlangsung, kapan kejadian terjadi, mengapa kejadian terjadi dan bagaimana proses kejadian tersebut. 

Berita Anda akan dikatakan baik jika mengandung seluruh unsur di atas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x