Mohon tunggu...
Kang Win
Kang Win Mohon Tunggu... Penikmat kebersamaan dan keragaman

Ingin berkontribusi dalam merawat kebersamaan dan keragaman IG : @ujang.ciparay

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Idul Fitri dan Idul Adha, 2 Hari Raya Umat Islam

10 Mei 2021   15:00 Diperbarui: 10 Mei 2021   14:59 1320 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Idul Fitri dan Idul Adha, 2 Hari Raya Umat Islam
Portal Jember - Pikiran Rakyat

Ada 2 hari raya bagi umat Islam, yakni Hari Raya Iedul Fitri pada tanggal 1 Syawal dan Hari Raya Iedul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Hari Raya Iedul Fitri atau di Indonesia dikenal juga sebagai Lebaran adalah hari raya kemenangan bagi umat Islam. Kemenangan berperang melawan hawa nafsu selama menjalankan ibadah puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan. Iedul Fitri juga menjadi momentum kembalinya seorang Muslimin kepada fitrah dirinya yang suci seperti bayi yang baru dilahirkan. 

Predikat kembali kepada fitrah dicapainya ketika ia berhasil memenangkan perang mengendalikan hawa nafsu selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan disertai dengan melaksanakan berbagai amalan yang dianjurkan dan diakhiri dengan membayar zakat fitrah. Saat itulah Allah SWT memberikan ampunan atas segala dosa yang mengotori dirinya, sehingga seseorang kembali suci terbebas dari segala dosa.

Hari Raya Iedul Adha adalah hari raya untuk mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim As. dan putranya Nabi Ismail As. yakni momen penyerahan diri secara ikhlas dari Nabi Ismail As. untuk disembelih oleh ayahnya sendiri Nabi Ibrahim As. 

Dalam rangka melaksanakan perintah Allah SWT sebagai wujud ketaatan mereka berdua kepada Allah SWT. Pada saat terakhir Allah SWT kemudian mengganti Nabi Ismail dengan seekor gibas (domba). Inilah yang kemudian melahirkan kewajiban bagi umat Islam yang mampu secara ekonomi untuk menyembelih hewan qurban pada saat Iedul Adha. 

Momen ini dan peristiwa-peristiwa sebelumnya yang dialami Nabi Ismail As. dan ibundanya Hajar, kemudian menjadi bagian utama dalam prosesi ibadah haji di Makkah al Mukaromah. Karena itu pula maka di Indonesia Hari Raya Iedul Adha disebut juga sebagai Iedul Qurban dan Lebaran Haji.

Baik Iedul Fitri (Lebaran) maupun Iedul Adha (Iedul Qurban / Lebaran Haji) terdapat ibadah Sholat Ied yakni sholat sunat 2 rakaat yang dilaksanakan di pagi secara berjamaah yang lebih utama dilaksanakan di lapangan terbuka. Di dalam sholat Ied terdapat "khutbah ied" yang merupakan bagian yang menyatu dengan sholat 2 rakaatnya.

Sebelum sholat Iedul Fitri, yaitu antara sholat subuh dan sholat ied, disunatkan untuk makan atau sekedar minum. Sebaliknya pada sholat iedul adha, pada waktu tersebut disunatkan untuk berpuasa.

Pada Hari Raya Iedul Fitri (Lebaran) umat Islam juga menunaikan kewajiban membayar zakat fitrah selambat-lambatnya sesaat sebelum dimulainya sholat Ied. 

Sedangkan pada Iedul Adha terdapat kewajiban menyembelih hewan qurban bagi mereka yang mampu. Waktu untuk menyembelih hewan qurban bisa dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijah setelah pelaksanaan sholat ied dan 3 hari sesudahnya yakni tanggal 11, 12 dan 13 Djulhijjah.

Persamaan lainnya dari kedua hari raya umat Islam ini adalah adanya waktu yang terlarang untuk puasa. Pada Hari Raya Iedul Fitri, hari yang terlarang untuk berpuasa adalah tanggal 1 Syawal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN